Mohon tunggu...
Tina KurniaLova
Tina KurniaLova Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya merupakan mahasiswa aktif Manajemen Undip yang sedang menjalani tugas KKN pada TIM II KKN Undip Tahun 2021/2022

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN Undip Melakukan Edukasi Pentingnya Optimalisasi Penggunaan Media Sosial Instagram untuk UMKM

12 Agustus 2022   21:59 Diperbarui: 12 Agustus 2022   22:30 23 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kelurahan Ketileng, Kota Cilegon (30/07/22) -- Pertumbuhan UMKM di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya, tidak terkecuali pertumbuhan UMKM di Kelurahan Ketileng. Kebanyakan masyarakat ketileng melakukan usaha mikro kecil dan menengah untuk menambah pendapatan. UMKM yang menjadi fokus program kegiatan KKN Mahasiswa Undip di Kelurahan Ketileng kali ini adalah Rabeg T'enG. Bergerak di bidang kuliner, UMKM ini menjual makanan khas kota cilegon, yaitu Rabeg.

Dalam melakukan usahanya, Rabeg T'enG masih belum menggunakan sosial media dengan optimal. Oleh karena itu, pelaksanaan program kerja berupa pemberian pelatihan desain untuk feeds Instagram dilakukan demi tercapainya optimalisasi penggunaan media sosial Instagram. Pemberian edukasi juga diberikan mengenai pentingnya branding pada media sosial bagi perkembangan UMKM, serta penjelasan mengenai cara penggunaan template design yang telah dibuat dan disediakan melalui platform Canva.

Program optimalisasi penggunaan media sosial Instagram untuk UMKM ini dimulai dengan melakukan survei tentang kondisi UMKM yang ada di Kelurahan Ketileng yang dilakukan bersama dengan pendamping UMKM Kelurahan Ketileng untuk mendapat rekomendasi UMKM yang tepat untuk dapat dilaksanakannya program ini. Langkah selanjutnya adalah berdiskusi dan pemaparan tentang pelaksanaan program kerja dengan Ibu Heriyah, pemilik UMKM Rabeg T'enG. Setelah mendapat perizinan dan tanggal pelaksanaan program kerja dari pemilik UMKM, kegiatan selanjutnya adalah pembuatan booklet berisi materi program kerja yang dapat dijadikan modul pembelajaran.

Pelaksanaan program optimalisasi penggunaan media sosial Instagram untuk UMKM yang dilakukan pada Hari Sabtu, 30 Juli 2022 berjalan dengan lancar berkat antusiasme dari pemilik UMKM dalam menerima materi yang diberikan. Pelaku UMKM secara aktif memberikan pertanyaan terkait penggunaan template design dan juga seputar penggunaan grafis yang menarik untuk meningkatkan daya jual dari produknya.

Kunjungan ke stand Rabeg T'enG di Car Free Day juga dilakukan pada hari minggu, 31 Juli 2022. "Ibu sebelumnya udah pernah pakai Canva, tapi masih seadanya. Terimakasih atas edukasinya" ucap Ibu Heriyah, pemilik UMKM Rabeg T'enG.

Penulis : Tina Kurnia Lova (S1 Manajemen 2019) -- Peserta KKN Undip Tim II Tahun 2022
DPL : Karnoto, S.T., M.T.
Lokasi : Kelurahan Ketileng, Kota Cilegon

#KKNtimIIperiode2022 #p2kknundip #lppmundip #undip

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan