Mohon tunggu...
Timothy Sitorus
Timothy Sitorus Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

aku suka masak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perkembangan Kepercayaan dari Masa ke Masa

6 Desember 2022   18:52 Diperbarui: 6 Desember 2022   19:15 100
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

 PERKEMBANGAN KEPERCAYAAN DARI MASA KE MASA

Disusun oleh;

Timothy Maher Triseno Sitorus (26)

 X IPA 2

SMA IPEKA 

BALIKPAPAN

 2022

Kepercayaan manusia tidak terbatas pada dirinya sendiri saja, akan tetapi pada benda-benda dan tumbuh-tumbuhan yang berada di sekitarnya. kepercayaan merupakan keyakinan seseorang terhadap sesuatu, seperti benda benda, makhluk hidup, dan lainnya. Kepercayaan mulai ada sejak masa pra aksara dan berkembang sampai sekarang. Pada masa pra aksara, kepercayaannya merupakan nenek moyang, roh, atau bahkan benda benda yang diyakini memiliki kekuatan gaib. Kepercayaan itu sendiri disebut Dinamisme dan Animisme. (Mandala, 2014)

Masa pra aksara dibagi menjadi 5 bagian yaitu masa Paleolithikum, Mesolithikum, Neolithikum, dan perunggu perkembangan kepercayaan dimulai dari masa paleolitikum. 

Dimulai dari masa Paleolithikum, Zaman batu tua disebut juga dengan istilah paleolitikum. Alasan disebut dengan zaman batu tua karena alat-alat yang digunakan manusia purba kala itu masih berupa batu-batu besar dan juga kasar. Beberapa peralatan batu di zaman palaeolithikum misalnya kapak perimbas dan juga alat-alat serpih. kepercayaan pada masa paleolitikum belum ada karena pada masa tersebut mereka hanya fokus berburu mencari mangsa untuk bertahan hidup. Lalu selanjutnya ada masa Mesolithikum, Beralih ke zaman batu tengah, di sini peralatan batu yang digunakan oleh manusia purba sudah mulai ada peningkatan. 

Peralatan batu yang semula masih besar dan kasar kini mulai dimodifikasi oleh manusia purba menjadi lebih halus dan berukuran lebih kecil. Ciri kebudayaan Mesolithikum tidak jauh berbeda dengan kebudayaan Palaeolithikum, tetapi pada masa Mesolithikum manusia yang hidup pada zaman tersebut sudah ada yang menetap sehingga kebudayaan Mesolithikum yang sangat menonjol dan sekaligus menjadi ciri dari zaman ini.  pada masa ini orang orang memiliki kepercayaan animisme dan dinamisme. (Pengelola web Direktorat SMP 2022

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun