Mohon tunggu...
key
key Mohon Tunggu... me and myself

nothing

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Virus-virus Mematikan di Dunia

18 Oktober 2020   18:06 Diperbarui: 18 Oktober 2020   18:18 8 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Virus-virus Mematikan di Dunia
nepalwide.com

1. HIV (human immunodeficiency virus) & AIDS

Sejak 1 desember 1982, virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia ini disebut sebagai virus paling mematikan di dunia. Sampai saat ini belum ditemukan obat untuk menyembuhkan HIV & AIDS.

Tetapi perkembangan HIV ini bisa diperlambat dengan melakukan beberapa pengobatan agar pengidapnya dapat menjalani hidup normal. AIDS adalah tehap akhir dari HIV, ketika seseorang mengidap AIDS maka tubuhnya sudah tidak dapat melawan infeksi yang ditimbulkan oleh penyakitnya.

2. FLU BURUNG

Penyakit influenza yang ditularkan oleh unggas,baik unggas liar maupun peternakan. Infeksi flu burung ini pertama kali dilaporkan pada tahun 1997 dengan jenis H5N1 sedangkan dengan jenih H7N5 dilaporkan pada 2013. Ada beberapa jenis flu burung yang dapat ditularkan ke manusia yaitu, H5N6, H6N1, H7N7, H9N2, dan H10N8. 

Flu ini dapat menular melalui kontak langsung dengan unggas atau dengan mengkonsumsi unggas seperti ayam atau burung atau jika kalian tinggal di daerah yang terkontaminasi flu burung. Gejala yang ditimbulkan adalah muntah, sakit perut, diare, gusi berdarah, mimisan, nyeri dada, demam, sakit kepala, pegal-pegal, pilek, batuk, dan sesak napas. Masa inkubasi virus ini hanyalah 3-5 hari.

3. EBOLA

Masa inkubasi virus ini adalah 2 hari sampai 3 minggu setelah terjangkit virusnya. Gejala yang ditimbulkan yaitu, demam tinggi, sakit tenggorokan, nyeri otot, sakit kepala, diare, mual, muntah, serta menurunnya fungsi liver dan ginjal. Virus ini pertama kali diidentifikasi pada tahun 1976-2013 sekitar 1000 orang terinfeksi setiap tahunnya dan belum ada pengobatan khusus untuk mengobati ebola. Virus ini ditularkan melalui kontak darah atau melalui cairan hewan yang terinfeksi, biasanya monyet atau kelelawar.

4. SARS (severe acute respiratory syndrome)

SARS pertama kali muncul di November tahun 2002 di Guandong China, SARS ini menular dari kelelawar, luwak, lalu ke manusia. SARS mewabah tak terkendali ke 37 negara dan tercatat ada 8.069 kasus yang menewaskan 775 orang.

5. MERS (middle east repiratory syndrome)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x