Mohon tunggu...
Jeremy Timothy F
Jeremy Timothy F Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Jeremy Timothy Frederik Laoh adalah mahasiswa tingkat akhir

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Membawa Standar Rekrutmen Startups hingga FMCGs, Mahasiswa KKN UNDIP Berhasil Membawa Karang Taruna Naik Level!

9 Agustus 2022   11:50 Diperbarui: 9 Agustus 2022   21:51 77 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Banyak perubahan yang telah terjadi dalam proses rekrutmen perusahaan. Sebagai pencari kerja, baik untuk posisi intern, part-time, maupun full-time, merupakan suatu hal yang dasar untuk selalu menyisihkan waktu memahami bagaimana sistem rekrutmen dalam perusahaan yang dituju akan berlangsung terlebih dahulu. 

Perkembangan zaman tentu punya peran besar dalam mengubah-ubah proses rekrutmen hingga syarat administrasi yang ada.  Terkadang, perubahan-perubahan ini dianggap terlalu cepat hingga banyak yang merasa tertinggal informasi penting tersebut. Karang Taruna kelurahan Lempongsari ternyata menjadi salah satunya.

Beberapa minggu sebelum diadakannya belajar bersama Karang Taruna, Jeremy Timothy Frederik Laoh dengan NIM 12010119130287, salah satu mahasiswa KKN Tim II UNDIP yang berada di bawah bimbingan Bp. Ari Wibawa Budi Santosa, ST, M.Si, yang bertanggung jawab di kelurahan Lempongsari melakukan sowan dalam rangka untuk meriset kebutuhan dan keresahan yang dialami oleh kelurahan Lempongsari. 

Mas Rano yang menjadi salah satu narasumber dalam wawancara saat itu, menceritakan keresahan Karang Taruna dalam mempersiapakan karir mereka dan ia pun menegaskan bahwa materi yang membahas mengenai proses rekrutmen dalam perusahaan tentu akan menjadi topik yang sangat tepat untuk dibawakan oleh Jeremy. 

Pernyataan ini dinyatakan bukan hanya karena Jeremy yang memang memiliki spesialis di bidang sumber daya manusia namun, sejak lama belum ada TIM KKN yang membahas mengenai hal ini sebelumnya di kelurahan tersebut.

Dokpri
Dokpri
Pada Sabtu (30/07) Jeremy akhirnya merealisasikan “Belajar dengan Karang Taruna” dengan metode workshop mengenai pengalamannya dalam menghadapi berbagai proses rekrutmen dalam perusahaan. 

Meskipun masih dalam jenjang perkuliahan, kredibilitas Jeremy sebagai fasilitator dianggap berhasil bagi para peserta pada sesi ini. Bukan hanya karena penjelasannya yang komprehensif namun pengalaman-pengalaman nyatanya dalam melalui cv screening dan interview di Astra Internasional. Danone Indonesia, Seabank, Sirclo, hingga Nutrifood menjadikan materi yang ada terasa hidup dan relevan dengan kondisi terkini.

Sharing session tersebut diakhiri dengan Jeremy selaku pengisi sesi memberikan poster yang berisikan kesimpulan materi yang baru disampaikan beserta nomor whatsapp yang dapat dihubungi jika ada teman-teman Karang Taruna yang ingin melakukan konsultasi CV. Jeremy menyatakan harapannya agar pembelajaran yang ada dapat berbuah hasil maksimal dalam persiapan diri dalam memasuki dunia kerja. Tidak hanya sampai disitu, namun ia pun juga berharap bahwa meskipun KKN telah usai nantinya, Jeremy ingin tetap bisa berkontribusi melalui program konsultasi yang  akan berlangsung hingga waktu yang tidak ditentukan.

Mas Rano selaku ketua dari Karang Taruna kelurahan Lempongsari memang sudah menantikan adanya seseorang yang membawa perihal proses rekrutmen dalam perusahaan. “Materi yang dibawakan sangat relevan dengan yang kami butuhkan. Banyak dari kami sedang ditahap mempersiapkan diri untuk dunia kerja namun kesulitan mendapat informasi yang sesuai. Darisini saya dan teman-teman Karang Taruna sangat terbantu,” tuturnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan