Mohon tunggu...
Timey Erlely
Timey Erlely Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Hasanuddin

Penulis - Peneliti- Konsultan Pajak dan Keuangan. Kunjungi instagram: timey_erlely

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Waktu Indah Bersama Ibu

8 Mei 2022   19:30 Diperbarui: 9 Mei 2022   00:06 308
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Happy Mother's Day. Hari ini adalah hari yang tepat untuk memberitahu seorang ibu betapa berartinya dia bagi anda. Ibu selalu memberikan dorongan, menghibur, dan membimbing dengan penuh perhatian dan kasih sayang. Kehadiran ibu senantiasa memberikan warna yang cerah dalam hidup. Saya merasa bahwa sudah banyak momen-momen terbaik yang sudah dilewati bersama ibu dan saya berharap semoga ibuku tetap sehat dan tetap bangga melihat anaknya bisa berbakti dan tetap mengingatnya dalam doa.

Sejak kecil, ibu sering meluangkan banyak waktu untuk mengajar membaca, menulis, dan menghitung. Di situlah saya melihat ibu adalah sosok yang penting dalam hidup. Setiap Pukul 5 pagi, ibu membangunkan di tempat tidur dan mendampingi saya untuk belajar, serta bersiap supaya bisa ke sekolah hari itu. Ketika saya tidak tahu membaca, ibu berusaha agar saya bisa membaca. Ibu tidak pernah meninggalkan saya, di saat saya masih bermain asyik bersama teman-teman sebaya, Ibu mencari dan memanggil untuk segera pulang ke rumah karena hari sudah larut malam.  

Ketika lambat bangun pagi, ibu ke kamar dan membangunkan. Ibu selalu menyiapkan makanan yang enak, nasi jagung, ikan kua kuning, papeda, dan masih banyak lagi. Suplaian makanan yang diberikan ibu membuat badan saya begitu berisi. Di cela-cela kesibukan, ibu juga membuat kue untuk dijual. Dia juga melatih saya bagaimana  menjual kue keliling kampung. Walaupun saya saring banyak beralasan dan bermalas-malasan, tetapi ibu mendorong untuk menjual kue keliling, saya pun bersedia melakukan apa yang ibu perintahkan. Disitu saya bisa belajar banyak hal, cara bisnis, menghitung uang kalau orang beli, dan mempersiapkan mental saya sejak dini.  

Saya juga sering gugup di hadapan banyak orang. Waktu itu, pengalaman pertama kali di hadapan umum. Saya dipilih untuk menjadi salah satu dirigen di paduan suara. Saya merasa panik, tetapi ibu selalu mendukung apa yang saya lakukan. Kemudian tanpa banyak bicara, ibu membawa saya di depan kaca besar dan saya pun mulai berlatih. Ketika saya tampil, semuanya bisa berjalan dengan baik tanpa ada rasa takut, gugup, dan cemas. Saya benar-benar menyadari bahwa saya punya sosok ibu yang ada di setiap perjuangan saya, saat senang maupun tidak senang.

Ketika beranjak ke jenjang SMP, saya mulai berpisah dari ibu karena ingin melanjutkan studi di luar pulau dan dengan berat hati ibu mengiakan agar saya bisa melanjutkan studi di luar pulau. Setelah itu, komunikasi bersama ibu hanya melalui surat saja karena ibu berada di tempat yang jauh dari akses internet. Ibu berpesan agar saya harus rajin belajar dan ibu juga selalu mendoakan. Saya terus berusaha untuk menjaga dan menuruti apa yang ibu tanamkan kepada saya. 

Sampai sekarang ini, sudah bertahun-tahun tidak bertemu ibu, saya sudah semakin dewasa, sudah bisa hidup mandiri. Tetapi waktu bersama ibu, tidak bisa saya lupakan. Saya sudah menjelaskan mengenai peran ibu dalam hidup saya, masih banyak yang belum saya uraikan di sini. Mungkin kalian juga punya pengalaman yang berbeda dengan apa yang saya alami. Saya harap kalian bisa memberikan yang terbaik untuk ibu. Disini saya ingin memberikan beberapa hal penting yang harus kita lakukan untuk ibu.

1) Menghormati Ibu. Menghormati merupakan tindakan yang harus kita tunjukkan kepada ibu. Menghormati artinya kita mengakui dan menaati apa yang dikatakan oleh ibu. Bukan mengenai benar atau salah, tetapi kita harus tahu bahwa ibu telah melahirkan dan membesarkan kita sehingga ibu patut dihormati. Mungkin kalian bertanya, bagaimana kalau tinggal jauh dari ibu?. Menurut saya, menghormati ibu tidak tergantung dari jaraknya, jauh atau dekat. Walaupun ibu jauh, dia tidak melihat kita secara langsung tetapi dia sudah memberitahu kita mengenai banyak hal. Misalnya dia menasihati agar kita rajin belajar, jangan pakai obat-obatan terlarang, dan jaga pergaulan. Kita harus mengingatnya di manapun, ini adalah cara terbaik untuk menghormati ibu.

2) Mengasihi Ibu. Kita perlu mengasihi ibu karena kasihnya kepada kita tidak terbatas. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan sebagai wujud dari rasa sayang kita kepada ibu. Menghormati dan taat juga merupakan hal yang bisa kita lakukan sebagai wujud dari rasa kasih kita kepada ibu. Ada pula tindakan kita seperti mungkin bisa membantu ibu di dapur dan membersihkan rumah. Selama saya tinggal bersama ibu, dia sangat senang ketika saya bisa cuci piring setelah selesai makan, membersihkan rumah, dan merapihkan tepat tidur. Mungkin, hal ini terlihat biasa saja tetapi sangat berguna dan membuat ibu akan merasa senang.         

3) Memberikan Hadiah. Belajarlah untuk memberikan hadiah untuk ibu. Mungkin bagi banyak orang hadiah tidak begitu penting. Tetapi hadiah juga bisa membuat ibu merasa senang. Hadiah bukanlah hal yang utama, namun dengan hadiah ibu akan merasa terhibur. Misalnya, kalian bisa memberikan hadiah saat hari ulang tahun ibu, seperti memberi pakaian atau makanan kesukaan ibu.

4) Mendoakan ibu. Sebelumnya saya sudah menjelaskan bahwa kita perlu menghormati, mengasihi, dan memberikan apresiasi kepada ibu. Namun, kita seharusnya tidak melupakan hal yang paling penting yaitu mendoakan ibu. Mungkin kalian jauh dari ibu, tetapi kalian perlu mendoakan ibu. Ada banyak hal yang bisa kita doakan mengenai ibu, misalnya doa agar diberi umur panjang dan kesehatan, supaya kelak bisa berkumpul bersama semua anak-anak dan cucu-cucu. Nah, ketika kalian ada berbuat kesalahan pada ibu, pergilah dan meminta maaf. Sebelumnya, kalian harus berdoa agar ibu kalian bisa menerima maaf dari kalian.

Semoga di hari bahagia ini, kalian bisa memulai untuk menghormati ibu, mengasihi ibu, mengapresiasi ibu, dan mendoakan ibu. Happy Mother's Day 08 Mei 2022

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun