Mohon tunggu...
Om Gege
Om Gege Mohon Tunggu... Coffee4Soul.club

Coffee4Soul.club || Petani separuh hati, kuli tempo-tempo, penulis recehan, provokator kambuhan, revolusioner musiman

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Akankah Gojek Bikin Layanan Go-Mayat?

20 Juni 2020   19:01 Diperbarui: 22 Juni 2020   08:29 162 33 13 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Akankah Gojek Bikin Layanan Go-Mayat?
Ilustrasi [diolah dari rakyatku.com]

Ingin ke mana-mana, ada Go-Car dan Go-Drive. Mau pesan makanan, ada Go-Food. Kirim bunga ke rumah kekasih gelap? Ada Go-Send. Kirim ranjang pengantin? Ada Go-Box. Mau belanja sembako tetapi malas ke luar rumah? Pakai Go-Shop. Bahkan beli obat di apotik pun ada layanannya, Go-Med.

Mungkinkah, oleh pandemi Covid-19, Gojek adakan layanan Go-Mayat?

Serius, ini bukan pertanyaan mengada-ada. Sudah kejadian di negeri lain. Supir Ola dan Uber terpaksa menjadi pengangkut jenazah swasta untuk Covid-19.

Baru saja saya baca di Tempo.co (16/6/2020), artikel yang disadur dari Reuter, berjudul "Krisis Ambulans, Taksi di India Angkut Korban Meninggal Covid-19"[1]

Diceritakan, oleh lonjakan kasus Covid-19 (demand side), dan lockdown yang berdampak sepinya order taksi (supply side), supir taksi di India berubah profesi menjadi supir taksi pengangkut mayat. 

Jumlah kasus penularan Covid-19 membesar, jumlah yang meninggal akan banyak pula. Kelak akan sampai pada titik di mana jumlah pasien yang perlu dirawat dan begitu pula jumlah pasien yang meninggal melampaui daya dukung fasilitas kesehatan.

Tetapi seberapa parah kah pandemi Covid-19 di India?

Untuk mendapat gambaran lebih jelas, saya segera menuju situs Worldometers.info.

Astaga! India sudah di peringkat keempat dunia dalam jumlah kasus Covid-19. Ada 395.812 kasus dan total 12.970 kematian. Pada 19 Juni kemarin, kematian harian sebesar 366 orang.

Saya bergidik. Seingat saya, dalam artikel Maret lalu, saya pernah menyinggung prediksi epidemiolog Amerika Serikat tentang 3 negara yang menurutnya akan mencatat jumlah kasus Covid-19 tinggi: Amerika Serikat, India, dan Indonesia. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x