Mohon tunggu...
Om Gege
Om Gege Mohon Tunggu... Coffee4Soul.club

Coffee4Soul.club || Petani separuh hati, kuli tempo-tempo, penulis recehan, provokator kambuhan, revolusioner musiman

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Kampung Halaman Wonder Woman di Dunia Nyata

11 Juni 2020   08:04 Diperbarui: 11 Juni 2020   18:12 295 18 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kampung Halaman Wonder Woman di Dunia Nyata
Para gadis Noiva do Cordeiro [facebook.com/noivadocordeiro]

Di Nusa Tenggara Timur, terutama di kantung-kantung buruh migran, sering kita jumpai perkampungan yang dihuni penduduk mayoritas perempuan.

Kesulitan uang tunai menyebabkan para lelaki merantau ke negeri-negeri yang jauh atau ke provinsi-provinsi seberang, tempat pekerjaan berupah bulanan menanti. Di kampung, tinggallah para perempuan bersama anak-anak  dan lansia, menunggu mente berbuah atau saatnya asam jatuh dari pohon.

Dalam dunia imaji, generasi tua mengenal tokoh komik Wonder Woman. Para belia masa kini mengenalnya sebagai karater superhero milik Warner Bros. Saya penasaran, kalau Wonder Woman diadu dengan Captain Marvel, siapa yang keluar sebagai jawara?

Tetapi baiklah, tak perlu mengadu domba dua perempuan fiksi itu. Kita bicara saja yang di dunia nyata, dan bukan tentang NTT.

Pernahkan Anda mendengar ada kampung yang mirip-mirip Amazon di Pulau Themyscira, kampung halaman Wonder Woman? Nyaris semua penghuninya perempuan. Hampir seperti di kantung-kantung asal buruh migran di NTT. 

Bedanya, di kampung yang sedang kita bicarakan ini, para perempuan sungguh berjaya. Maksud saya, tata kehidupan masyarakat berjalan dalam nilai-nilai 'keperempuanan' dan dipimpin  para perempuan.

facebook.com/noivadocordeiro
facebook.com/noivadocordeiro

Nama kampung itu Noiva do Cordeiro, lebih tepatnya sebuah kota kecil, terletak di pedalaman sisi Tenggara Brazil. Dari Rio de Janeiro, jaraknya sekitar 300 mil. Itu kurang lebih 20 kilometer lebih jauh dibandingkan jarak Jakarta-Semarang.

Kalau Anda kebetulan jadi stafsus Presiden dan bisa menabung honornya untuk membeli  mobil listrik Ford Mustang Mach-E berkapasitas baterai 98,8 Kwh, cukup sekali charge penuh di Rio de Janeiro, Anda sudah bisa tembak langsung ke Noiva do Cordeiro.

Oh iya, artikel ini saya rombak dari versi yang pernah saya tayangkan di salah satu blog pribadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x