Mohon tunggu...
Om Gege
Om Gege Mohon Tunggu... Lonely moody nosy opposition, coz none is sane but clown

Petani separuh hati, kuli tempo-tempo, penulis recehan, provokator kambuhan, revolusioner musiman

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Mudik? Kali Ini Siapkan Biaya Hidup 3-6 Bulan di Kampung

3 April 2020   06:13 Diperbarui: 3 April 2020   06:47 148 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mudik? Kali Ini Siapkan Biaya Hidup 3-6 Bulan di Kampung
Mudik [Kompas.com]

Masih nekad ingin mudik juga? Baiklah kalau begitu. Untuk Anda yang penduduk Jakarta, pastikan membawa uang tunai untuk kebutuhan hidup 3-6 bulan bersama keluarga besar di kampung. Soalnya siapa menjamin saat Anda balik Jakarta masih belum lockdown?

Jakarta sudah terlalu penuh. Kian banyak orang terjangkit virus corona, semakin berat beban penanganan di hilir, di rumah sakit-rumah sakit yang menangani pasien Covid-19.

Di sisi lain, kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) juga menanggung beban ekonomi dan sosial sangat besar.

Proporsi pekerja sektor informal yang bersandar pada pendapatan harian di Jakarta sangat besar. PSBB berarti menjauhkan banyak orang dari sumber penghasilan. Tetapi beban hidup tidak berkurang.

Kondisi ini bisa berubah menjadi letupan sosial jika tidak dicari jalan keluarnya, terutama jika keuangan pemerintah tidak lagi sanggup menanggung biaya hidup harian, terutama untuk pangan pokok penduduk ibu kota. Hal seperti bisa terjadi jika kurva penularan virus corona di DKI butuh waktu berbulan-bulan lagi agar bisa melandai.

Mudik lebaran menyediakan jalan pemecahan yang tricky, mengempeskan tekanan ekonomi dan sosial, plus beban di hilir penanganan Covid-19 di Jakarta. Kian banyak orang Jakarta berbondong-bondong ke kampung, kian kempes tekanan itu, dibagi-bagi bebannya dengan daerah tujuan mudik.

Baca Juga: "Lagi, Desakan Anies kepada Pempus, Mungkinkah Dipenuhi?"

Di sisi lain, meski Presiden Joko Widodo telah memutuskan jalan yang kita tempuh adalah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), belum tentu di hari-hari mendatang tidak ada perubahan arah strategi penanganan coronavirus, terutama di Jakarta, episentrum utamanya.

Kalau PSBB gagal menekan laju penularan di Jakarta, di bulan-bulan mendatang bisa saja pemerintah mengeluarkan PP baru yang membolehkan karantina wilayah Jakarta atau bahkan isolasi, lockdown.

Kalau itu sampai terjadi dan berlangsung jangka panjang, berarti ada peluang orang-orang yang sudah terlanjur mudik tidak bisa segera balik ke Jakarta. Itu berarti para pemudik harus tinggal lebih lama bersama keluarga besar di kampung.

Mengantisipasi ini, para pemudik perlu menyediakan cadangan uang tunai untuk membiayai kebutuhan hidup bersama keluarga besar selama berada di kampung halaman. Katakanlah, agar aman, dibutuhkan biaya hidup untuk 3-6 bulan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN