Mohon tunggu...
Laro Jaong
Laro Jaong Mohon Tunggu... Lonely moody nosy opposition, coz none is sane but clown

Petani separuh hati, kuli tempo-tempo, penulis recehan, provokator kambuhan, revolusioner musiman

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Tips Aman Main Catur dan Kartu Remi Selama Pembatasan Sosial Corona

28 Maret 2020   09:41 Diperbarui: 1 April 2020   16:18 92 9 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Aman Main Catur dan Kartu Remi Selama Pembatasan Sosial Corona
Ilustrasi, jalani hobi saat pembatasan sosial [liputan6.com]

Empat pemuda di sebuah sekretariat organisasi mahasiswa sedang bermain kartu remi. Mereka duduk melingkari meja kecil. Di teras, dua orang duduk berhadapan di atas dinding setengah tembok, ditengahi papan catur. Apakah aktivitas mereka memenuhi standar pembatasan sosial?

Perlu dimaklumi, banyak aktivis organisasi mahasiswa tinggal di sekretariat, jumlahnya bisa 6 hingga 10 orang. Ketika kampus-kampus diliburkan sebagai upaya mengkondisikan pembatasan sosial, para penghuni sekretariat terkungkung seharian, meski sebagian biasanya kepala batu, ngelayap ke mana-mana.

Mereka yang tinggal saja sepanjang hari di sekretariat tentu butuh aktivitas membunuh bosan. Membaca, menulis, atau aktivitas lain yang bersifat pribadi tidak akan cukup bagi para pemuda yang biasa bersosialisasi itu untuk meriangkan hari-harinya. Maka bermain catur atau kartu bisa jadi solusi.

Persoalannya bagaimana bermain catur atau kartu yang klop pembatasan sosial? Begini tips-nya.

Pertama, sudah tahu kan jika penyebaran virus corona tidak cuma lewat ludah yang terlontar dari mulut penderita ke tangan atau mulut orang lain? Penularan corona bisa juga melalui barang-barang yang tersentuh jika virus yang terlontar dari mulut penderita menempel di sana, baik terlontar langsung dari mulut atau lewat jemari penderita.

Karena itu sebelum dimainkan, semprot dulu papan dan meja catur atau lembar-lembar kartu dengan disinfektan lalu---lebih mantap lagi---jemur di bawah sinar matahari langsung.

Larutan pemutih pakaian bisa dijadikan disinfektan sebab mengandung Sodium hypochlorite yang merusak protein bakteri dan virus.

Baca Juga: Penegakan Hukum Pembatasan Sosial, Saatnya Relakan Kebebasan Kita

Kedua, semua pemain menggunakan masker, termasuk mereka yang menonton (permainan catur biasa dikeliling banyak penonton).

Karena banyak pula orang-orang terjangkit virus corona tidak menunjukkan gejala, maka meski terlihat sehat para pemain tetap diwajibkan menggunakan masker.

Ketiga aturlah posisi duduk agar berjarak minimal 1 meter. Begitu pula yang menonton, sebaiknya sambil duduk pada jarak 1 meter dari pemain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x