Mohon tunggu...
Om Gege
Om Gege Mohon Tunggu... Coffee4Soul.club

Coffee4Soul.club || Petani separuh hati, kuli tempo-tempo, penulis recehan, provokator kambuhan, revolusioner musiman

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Tips Cegah Masker Anda Jadi Media Penularan Corona

26 Maret 2020   13:00 Diperbarui: 26 Maret 2020   13:11 164 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Cegah Masker Anda Jadi Media Penularan Corona
Indozone.id

Kita buru-buru, bahkan berebutan membeli masker agar bisa melindungi diri dari virus corona. Tetapi pernahkan kita pertimbangkan bahwa masker pun bisa jadi biang penyebaran virus corona?

Pada masker bekas pakai menempel bakteri dan virus, baik yang keluar dari mulut atau hidung pengguna, pun dari lingkungan sekitar. Ketika masker itu disentuh orang lain, bakteri dan virus yang menempel segera berpindah ke inang baru.

Kita tidak mau menjadi penyebab orang lain jatuh sakit, bukan? Karena itu perhatikan cara penangangan masker bekas pakai (jika bukan jenis masker yang bisa dipakai berulang) agar tidak menjadi medium penularan virus corona dan kuman penyakit lain. Cara ini dianjurkan Kementerian Kesehatan dalam laman khusus informasi terkait virus corona, covid19.kemkes.go.id.

Pertama, lakukan desinfeksi masker bekas pakai Anda. Caranya dengan merendam masker pada lauran disinfektan. Kalau sulit memperoleh disinfektan, gunakan larutan pemutih pakaian yang mengandung klorin.

Kedua, rusaki masker bekas pakai, misalkan dengan menyobek atau melubangi bagian tengahnya.

Langkah ini penting untuk mencegah orang-orang tidak bertanggungjawab menjual kembali masker bekas pakai.

Ingat, puluhan tahun lalu kita pernah diramaikan pemberitaan kasus sedotan bekas pakai dijual kembali, kan? Untuk mencegah sedotan bekas pakai dijual kembali, ada anjuran untuk melipat-lipat, menekuk-nekuk, atau memotong-motong sedotan yang kita gunakan di kedai. Begitu pula yang sebaiknya kita lakukan dengan masker atau apapun barang sekali pakai agar tidak dijual kembali oleh para pencari untung yang buta kemanusiaan.

Ketiga, bungkus masker bekas pakai yang sudah didesinfeksi dan dirusaki dalam wadah yang aman, misalnya kantong plastik yang diikat erat-erat lalu buang di tempat sampah.

Keempat, jangan lupa mencuci tangan dengan sabun seusai melakukan tiga langkah di atas.

Nah, dengan 4 cara sederhana di atas kita bisa menghindarkan orang lain dari risiko terjangkit virus corona atau apapun penyakit yang bisa menular melalui perantaraan masker bekas. Ini kontribusi sederhana tetapi bermanfaat bukan?

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x