Mohon tunggu...
Laro Jaong
Laro Jaong Mohon Tunggu... Lonely moody nosy opposition, coz none is sane but clown

Petani separuh hati, kuli tempo-tempo, penulis recehan, provokator kambuhan, revolusioner musiman

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Corona, 61 Negara Liburkan Sekolah, Ini 9 Pemda Indonesia yang Sudah Putuskan

15 Maret 2020   06:12 Diperbarui: 15 Maret 2020   07:48 9004 11 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Corona, 61 Negara Liburkan Sekolah, Ini 9 Pemda Indonesia yang Sudah Putuskan
Ilustrasi Pemprov dan Pemkot Liburkan Sekolah [Foto: ANTARA FOTO/ABRIAWAN ABHE]

Salah satu langkah mendesak menekan laju penyebaran coronavirus adalah penutupan sementara sekolah-sekolah. Badan PBB UNICEF melaporkan, per 13 Maret 2020, sudah 61 negara memutuskan meliburkan sekolah; 39 menutup secara nasional, dan 22 lainnya baru melakukan penutupan di wilayah-wilayah terjangkit.(1)

Indonesia termasuk negara yang memberlakukan penutupan sebagian, berdasarkan keputusan pemerintah provinsi atau pemerintah kabupaten/kota. Tidak tertutup kemungkinan, Presiden Joko Widodo juga akan mengeluarkan kebijakan penutupan sementara sekolah-sekolah secara nasional. Namun hingga saat ini, wewenang penutupan sementara sekolah dan penundaan ujian nasional berada di tangan kepala daerah.

Berikut adalah 9 pemerintah daerah yang per 15 Maret sudah mengeluarkan keputusan menutup sementara sekolah-sekolah berdasarkan pemberitaan media massa.

1. Pemprov DKI Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan menutup sementara sekolah di tingkat pendidikan dasar dan menengah di seluruh DKI Jakarta. Penutupan akan berlangsung selama 2 pekan, dimulai Senin, 16 Maret 2020.(2)

Menurut Gubernur Anies, Dinas Pendidikan DKI Jakarta sedang mempersiapkan bahan ajar daring bagi siswa selama masa belajar di rumah.

Anies Baswedan juga memutuskan penundaan ujian nasional SMA/SMK yang sedianya diadakan pekan depan.

Baca Juga: "Bermotif Politik Sekalipun, Langkah Anies Baswedan Lawan Corona Patut Didukung"

2. Pemprov Jawa Tengah

Seperti sejawatnya di DKI Jakarta, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga telah memutuskan penutupan sementara sekolah-sekolah di Jawa Tengah. Masa penutupan sementara sejak Senin, 16 Maret hingga 2 minggu ke depan.(3)

Sebagai catatan, keputusan ini tidak berlaku bagi siswa SMU/SMK yang hendak menghadapi ujian nasional.

Gubernur Ganjar juga telah berkoordinasi dengan pihak provider pendidikan daring, Ruang Guru, untuk menjajaki kemungkinan penggunaan aplikasi tersebut sebagai pengganti sementara proses belajar-mengajar di ruang kelas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN