Mohon tunggu...
Laro Jaong
Laro Jaong Mohon Tunggu... Lonely moody nosy opposition, coz none is sane but clown

Petani separuh hati, kuli tempo-tempo, penulis recehan, provokator kambuhan, revolusioner musiman

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Durian Istana, Sukarno hingga Jokowi; Hadiah Ultah sampai Pesan Politik Internasional

14 Maret 2020   19:48 Diperbarui: 14 Maret 2020   20:06 149 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Durian Istana, Sukarno hingga Jokowi; Hadiah Ultah sampai Pesan Politik Internasional
Aksi durian Presiden Jokowi [Kumparan.id] dan mantan presiden SBY [twitter @panca66]

Sepasang muda-mudi kasmaran boleh saja saling melempar pantun kala pacaran. "Aku suka pepayamu, pasti manis rasanya," kata si pemuda. "Aku tak sabar ingin mengupas pisangmu," balas si gadis. Tetapi saat keduanya menikah, yang mereka lakukan pertama kali adalah membelah durian.

Ya. Meski tidak sepopuler pisang dan pepaya, durian harus turut di-reken sebagai salah satu buah paling penting di Nusantara.

Durian itu buah istana. Sejumlah presiden Indonesia, sejak presiden pertama Sukarno (Bung mau namanya jangan ditulis Soekarno) hingga yang paling kini, Joko Widodo, menyukai durian.

Durian berperan penting mulai dari urusan rumah tangga presiden, seperti Presiden Jokowi menghadiahkan durian kepada Ibu Iriana yang berulang tahun; hingga Presiden Sukarno menggunakan durian sebagai statement politik terhadap negara lain.

Berikut adalah kisah presiden-presiden kita bersama durian mereka. Tentu saja durian sesungguhnya. Lancang jika kita bahas aksi belah duren para pembesar.

Jokowi

Presiden Joko Widodo adalah yang paling sering diberitakan bersama durian. Berita dan foto-foto Presiden Jokowi makan durian bersama keluarga, bersama warga, bersama sejumlah pejabat betebaran di internet.

Yang paling kini, Kamis, 12 Maret lalu, di hadapan para pengurus Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Presiden Joko Widodo bercerita tentang pengalamannya membeli durian mahal tetapi berasa tidak enak. Durian itu ia belikan untuk kado ultah Ibu Iriana.(1)

Presiden menggunakan kisah durian untuk mengajak para petani meningkatkan kualitas produksi buah-buahan tropis. Ia juga mengajak para petani memperluas budidaya buah tropis yang menurutnya laku di pasar internasional.

Susilo Bambang Yudhoyono

Seperti Jokowi, SBY juga penyuka durian. Bisa disimpulkan demikian sebab dalam sejumlah kesempatan, baik saat masih menjabat Presiden RI, pun setelahnya, saat dalam safari kampanye untuk Partai Demokrat dan AHY, SBY diberitakan menyempatkan diri mencicipi durian. Ada kalanya bersama keluarga; sesekali disertai pejabat tinggi negara; ada pula yang bersama orang Partai Demokrat.

Seperti halnya Jokowi pula, momentum SBY makan durian sering terliput wartawan. Mungkin dua presiden terakhir kita sudah bertakdir, semua yang mereka lakukan selalu terliput media massa.

Abdurahman Wahid

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN