Mohon tunggu...
Om Gege
Om Gege Mohon Tunggu... Lonely moody nosy opposition, coz none is sane but clown

Petani separuh hati, kuli tempo-tempo, penulis recehan, provokator kambuhan, revolusioner musiman

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Orang India di Indonesia Salah Apa, Bib?

7 Maret 2020   12:54 Diperbarui: 7 Maret 2020   12:56 535 9 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Orang India di Indonesia Salah Apa, Bib?
FPI [Kompas.com]

Sudah benar FPI, PA 212, dan GNPF-U gelar aksi unjukrasa ke Kedutaan India. Problem yang dialami sebagian rakyat India adalah problem orang Indonesia pula. Sebagai negara ber-Pancasila, yang salah satu silanya adalah kemanusiaan, sudah kewajiban kita bersolidaritas terhadap korban perlakukan diskriminatif, baik oleh negara maupun oleh sesama rakyat, di belahan dunia lain.

Semoga solidaritas terhadap penduduk Muslim India bisa jadi batu pijakan bagi kesadaran baru di kalangan pimpinan dan anggota Front Pembela Islam, Persaudaraan Alumni 212, dan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama, kesadaran bahwa kemanusiaan itu tidak mengenal batas negara, identitas agama, dan kesukuan.

Dengan begitu kelak FPI, PA 212, dan GNPF-U akan berada di garda terdepan pula dalam membela kemanusiaan kalangan minoritas Indonesia yang sering terampas hak-haknya untuk beribadah dan lain-lain urusan dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa, mirip-mirip yang dialami kalangan minoritas India.

Seharusnya aksi solidaritas kepada penduduk minoritas India kemarin itu diikuti pula oleh Serikat Buruh, Gerakan Mahasiswa, dan para pelajar STM.

Tetapi mau tidak mau ada satu catatan buruk dari aksi kemarin itu. FPI dan konco-konconya seharusnya tidak melontarkan ancaman sweeping terhadap warga India di Indonesia.

Apa kesalahan orang-orang India di Indonesia? Mereka rakyat, bukan pemerintah yang bikin kebijakan dan regulasi diskriminatif terhadap penduduk Islam India. Mereka juga tidak terlibat dalam aksi kekerasan horizontal yang terjadi di sana.

Melakukan sweeping terhadap orang-orang tak bersalah, hanya karena mereka orang India akan membuat FPI tidak beda dengan sejumlah orang India barbar yang diprotesnya.

Saya paham, mungkin pertanyaan FPI cs itu sekadar perang urat syaraf, cuma demi mendapat perhatian  Pemerintah India agar mereka mau mengubah kebijakan mereka.

Tetapi bos-bos FPI, cs seharusnya mengerti bahwa pernyataan tersebut bisa memprovokasi aksi-aksi spontan dari para simpatisan FPI yang tidak paham kalau itu cuma perang urat syarat.

Kalau itu sampai terjadi, kan berabe, Bib. Citra FPI sebagai pembela kemanusiaan bisa menguap seketika. Enta kagak mau, kan begitu?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x