Mohon tunggu...
Padika
Padika Mohon Tunggu... youtube.com/c/kedaipolitikindonesia

Petani separuh hati dan penulis recehan youtube.com/c/kedaipolitikindonesia

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Mahathir Hilang Sabar, Zakir Naik Diproses Hukum dan Dilarang Ceramah, Bagaimana dengan Indonesia?

20 Agustus 2019   15:03 Diperbarui: 20 Agustus 2019   15:15 0 13 6 Mohon Tunggu...
Mahathir Hilang Sabar, Zakir Naik Diproses Hukum dan Dilarang Ceramah, Bagaimana dengan Indonesia?
Zakir Naik [dnaindia.com] dan PM Mahathir Mohamad [Detik.com]

Pernyataan terakhir penceramah asal India, Zakir Naik yang bersifat rasis dan memecah-belah telah membangkitkan tuntutan rakyat Malaysia agar Zakir diusir. Lima menteri kabinet pemerintahan Mahathir mendukung tuntutan publik. Bahkan, putri Mahathir ikut menyerang Zakir di media sosial. Sepertinya kondisi ini mempengaruhi sikap Mahathir Mohamad.

Selama ini Mahathir dianggap membela Zakir karena kasihan tak ada negara lain mau menampung Zakir jika Malaysia mengusirnya. Rupanya Zakir Naik sudah kelewat batas. Kesabaran Mahathir pupus. Kali ini Mahathir secara tegas menunjukkan kegeramannya.

"Saya tidak tahu siapa yang memberikannya status PR (permanent resident), tapi sebagai seorang PR, Anda tidak bisa berpartisipasi dalam politik. Jika Anda ingin bicara soal agama, silakan, itu diizinkan. Kami tidak ingin menghentikannya dari aktivitas tersebut. Tapi ini cukup jelas bahwa dia ingin berpartisipasi dalam politik ras di Malaysia. Sekarang, dia membangkitkan perasaan rasial. Itu buruk," kata Mahathir dalam konferensi pers pada Minggu (18/8) sebagaimana dikutip Detik.com (19/8/2019).

#Zakir Naik dilarang berceramah di seluruh Malaysia

Kegeraman Mahathir Mohamad diikuti dengan terbitnya larangan berceramah di seluruh negara bagian Malaysia. Juru bicara Polisi Diraja Malaysia, Asmawati mengatakan, larangan berceramah terhadap Zakir Naik diterbitkan demi menjaga keamanan nasional dan memelihara keharmonisan masyarakat.

"Ya. Perintah itu telah diterbitkan kepada semua kepolisian, dan ini telah dilakukan demi kepentingan keamanan nasional dan untuk menjaga harmoni rasial," kata Asmawati yang dikutip Detik.com (20/8/2019) dari Malay Mail.

#7 negara bagian sudah lebih dahulu keluarkan larangan

Sebelum larangan terhadap Zakir Naik untuk berceramah di seluruh Malaysia dikeluarkan pemerintah pusat, tujuh negara bagian sudah lebih dahulu melakukannya. Negara-negara bagian tersebut adalah Melaka, Johor, Selangor, Penang, Kedah, Perlis, dan Sarawak.

# Proses hukum terhadap Zakir Naik dimulai

Semenjak Senin (19/8), Polisi Diraja Malaysia telah memulai proses penyelidikan terhadap Zakir Naik dengan memerikna buronan pemerintah India ini selama 10 jam, dimulai pukul 15.15 waktu setempat dan berakhir lewat tengah malam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2