Mohon tunggu...
Om Gege
Om Gege Mohon Tunggu... Coffee4Soul.club

Coffee4Soul.club || Petani separuh hati, kuli tempo-tempo, penulis recehan, provokator kambuhan, revolusioner musiman

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

"Blackout" Massal Lagi! Setelah Jakarta Giliran Warga London dan Kota-kota di Inggris Panik, PLN Perlu Belajar ke Sana

10 Agustus 2019   11:40 Diperbarui: 10 Agustus 2019   12:07 391 6 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Blackout" Massal Lagi! Setelah Jakarta Giliran Warga London dan Kota-kota di Inggris Panik, PLN Perlu Belajar ke Sana
Stasiun Kereta di Inggris Gelap oleh blackout massa di negeri itu selama 2 jam, Jumat 9/8 [bloomberg.com]

Setelah Jakarta, Jawa Barat, Tangerang hingga Jawa Tengah beberapa hari lalu, kini giliran Inggris yang mengalami pemadaman listrik massal secara tiba-tiba. Ini kejadian pemadaman terluas dan baru pernah terjadi di Inggris, lebih dasyaat dari peristiwa 2003.

Pemadaman listrik tiba-tiba terjadi di London, Inggris bagian Tenggara, Timur Laut, Barat Daya,  Midlands, Yorkshire, hingga Cornwall and Wales. Peristiwa ini terjadi pada Jumat, 9/8 sekitar pukul 4.30 sore hingga 6.30 malam. Meski hanya terjadi selama 2 jam, kejadian ini berdampak kepanikan jutan orang yang terkena dampaknya.

Sejumlah rumah sakit gelap total gara-gara generator untuk mensuplai listrik cadangan gagal menyala. Di Rumah Sakit Ipswich, selama 30 menit pasien berada dalam keadaan gelap total, sementara sirene terus berbunyi.

KRL macet di tengah rel. Para penumpang terpaksa turun dan berjalan kaki beberapa kilometer. Di statiun King's Cross, orang-orang membludak karena kereta terlambat datang. Polisi dikerahkan untuk meredakan bibit-bibit kerusuhan.

Lampu-lampu lalu lintas di persimpangan dan lampu penerangan jalan mati. Banyak warga yang mengesankan kejadian ini seperti adegan bencana level kiamat di film-film Hollywood, jalanan gelap tetapi penuh kekacauan. 

Itu karena pemadaman massal yang tanpa antisipasi ini terjadi di puncak jam sibuk, pukul 5 sore hingga 7 malam, yaitu ketika para pekerja pulang kantor di akhir pekan.

Orang-orang panik sebab jaringan telepon dan internet sulit diperoleh. Sementara di kawasan perumahan dan bisnis, alarm keamanan yang bersumber listrik otonom terus berbunyi meraung-raung karena menyangka pemutusan daya listrik sebagai pertanda pencurian. Para penghuninya masih terjebak di perjalanan.

Di saat bersamaan, hujan lebat dan badai menyapu wilayah Inggris.

Problem pada 2 Pembangkit

Pemadaman massa ini terjadi karena problem pada dua pembangkit, sehingga keluar dari sistem dan jaringan mengalami penurunan daya. Dua pembangkit yang bermasalah adalah pembangkit listrik tenaga gas dan uap di Cambridgeshire dan pembangkit listrik tenaga angin di North Sea.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN