Mohon tunggu...
Om Gege
Om Gege Mohon Tunggu... Coffee4Soul.club

Coffee4Soul.club || Petani separuh hati, kuli tempo-tempo, penulis recehan, provokator kambuhan, revolusioner musiman

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Ignasius Jonan Lempar Sinyal Mundur dari Menteri ESDM?

7 Agustus 2019   07:58 Diperbarui: 7 Agustus 2019   17:36 4491 20 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ignasius Jonan Lempar Sinyal Mundur dari Menteri ESDM?
Ignasius Jonan dan Rini Soemarno [repelita.com]

Saat ini banyak pihak mendesak Ignasius Jonan selaku Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) turut bertanggung jawab atas peristiwa listrik padam yang melanda Jabodetabek, Jawa Barat, dan Jawa Tengah pada hari Minggu (4/8) lalu.

Bentuk pertanggungjawaban yang dituntut macam-macam. Ada yang mengikutsertakan Ignas Jonan sebagai pihak Turut Tergugat dalam gugatan terhadap PLN (Tergugat I) dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (Tergugat II). Hal ini dilakukan Komunitas Konsumen Indonesia (KKI).

Gugatan mereka telah terdaftar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dengan nomor 454/PDT.G/2019/PN.JKT.PST ("PLN, BUMN dan ESDM Resmi Digugat Konsumen karena Mati Listrik." Tirto.id. 6/8/2019).

Ada yang serukan Presiden Joko Widodo mengganti Menteri ESDM dan Menteri BUMN. Seruan seperti ini datang dari Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu.

"Itu tanggung jawab Menteri BUMN dan Menteri ESDM. Menterinya saja sekalian diganti. Lagian kan Presiden akan lanjut, beliau bisa ganti menteri yang tidak perform agar program bagi mencapai visi, misi yang dijanjikan dalam masa kampanye segera dijalankan tanpa harus menunggu periode berjalan berakhir."(Kompas.com 6/8/2019)

Yang lain, seperti juru bicara Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Andre Rosiade minta Ignasius Jonan, Rini Soemarno, dan Direktur PLN mundur.

"Rini dan Jonan juga harus bertanggung jawab dengan segera mengevaluasi PLN. Kok mereka lalai. Di luar negeri Menteri seperti ini (bermasalah langsung) mundur. Masa di Indonesia aman-aman aja," kata Andre. (rmolbanten.com 5/8/2019)

Jonan: "Waduh kalau gitu saya jangan lama-lama di sini."
Menteri ESDM, Ignasius Jonan mungkin saja sedang mempertimbangkan seruan mundur itu. Atau boleh jadi ia merasakan tanda-tanda Presiden Joko Widodo tidak akan menugaskannya di pos yang sama dalam kabinet Jokowi-Ma'ruf bulan Oktober mendatang.

Kita boleh menduga demikian jika menyimak pernyataan Ignasius Jonan saat memberi kata sambutan dalam peluncuran aplikasi perinzinan online satu pintu ESDM, Selasa (6/8).

Memang, Ignas Jonan sampaikan pernyataan itu dengan cara becanda, menyinggung stafnya yang meski berusia lebih muda, tampak lebih tua dari dirinya gara-gara kelamaan berkerja di Kementerian ESDM. Jonan sampaikan, ia takut cepat terlihat tua jika kelamaan menjabat Menteri ESDM.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x