Mohon tunggu...
Padika
Padika Mohon Tunggu... youtube.com/c/kedaipolitikindonesia

Petani separuh hati dan penulis recehan youtube.com/c/kedaipolitikindonesia

Selanjutnya

Tutup

Analisis Pilihan

Langkah Ajaib Mencari "Keadilan" a la Mulan Jameela dan 13 Caleg Gerindra

18 Juli 2019   04:26 Diperbarui: 18 Juli 2019   04:55 0 21 9 Mohon Tunggu...
Langkah Ajaib Mencari "Keadilan" a la Mulan Jameela dan 13 Caleg Gerindra
Politisi ulung Gerindra Mulan Jameela dan Ahmad Dhani [diolah dari Suara.com]

Bukan sengitnya pertarungan yang membuat pemilu dan pilpres 2019 patut dikenang secara khusus. Adalah manuver para politisi memanfaatkan ruang-ruang hukum yang bikin pemilu kali ini unik. Pemilu berubah menjadi tonggak peralihan masa di Indonesia, dari entah masa apa menuju era yang mungkin tidak lagi pas disebut post-truth.

Sepertinya bukan lagi bukti-bukti sebagai penguat argumentasi yang sudah tidak kita anggap penting. Bahkan cara bernalar dan cara merasa turut kita campakkan, termasuk cara menilai mana yang adil dan mana yang batil. Semua sudah kita jungkir balikkan.

Setelah rangkaian drama sengketa pilpres, kita kembali disuguhkan manuver ajaib. Ibu Mulan Jameela dan 13 rekannya, para caleg Gerindra yang gagal terpilih mengajukan gugatan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Biasanya gugatan ke pengadilan terjadi jika ada kecurangan, politik uang, dan atau perselisihan dalam rekapitulasi suara.  Tetapi Ibu Mulan Jameela dan rekan-rekan mengajarkan hal baru bagi kita. Ternyata yang sudah sesuai ketentuan juga boleh digugat, dimohonkan ke pengadilan agar diputuskan berbeda dari aturan, bertentangan dengan ketentuan-ketentuan.

Dalam pemilu 2019, Partai Gerindra mendapat 3 kursi DPR RI dari tempat Bu Mulan Jameela mencalonkan diri, dapil Jawa Barat XI, meliputi Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kota Tasikmalaya.

Hari-hari sebelum pencoblosan, nama istri tokoh kondang Gerindra, Ahmad Dhani ini santer disebut dan dijagokan. Bahkan beberapa jam setelah pencoblosan, juru bicara Gerindra, Pak Andrew Rosiade masih sempat kabarkan kepada media massa bahwa Mulan Jameela tembus ke DPR RI.

Nyatanya, Bu Mulan hanya mendapat 13.793 suara, berada di peringkat 5 di internal caleg Gerindra. Jumlah suara Bu Mulan kalah jauh dibandingkan 3 caleg Gerindra yang melaju ke Senayan, yaitu Muhammad Husein (57.590 suara), Subarna (26.167 suara), dan Ervin Luthfi (30.660 suara). Hanya dengan peraih suara terbanyak keempat, Fahrul Rozi (14.771 suara), Mulan Jameela bersaing.

Karena kursi Gerindra dari dapil Jabar XI hanya 3, maka sudah tentu M. Husein, Subarna, dan E. Luthfi yang berhak mendudukinya. Demikian yang diatur dalam pasal 20 ayat 2 Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2019.

"Penetapan calon terpilih anggota DPR ... didasarkan atas peringkat suara sah terbanyak pertama, kedua, ketiga dan seterusnya yang diperoleh setiap calon anggota DPR sesuai perolehan kursi Partai Politik pada Dapil yang bersangkutan."

Rupanya Bu Mulan dan 13 rekannya tak mau menerima begitu saja aturan ini. Menurut mereka aturan ini hanya pantas berlaku jika suara caleg signifikan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3