Mohon tunggu...
Padika
Padika Mohon Tunggu... youtube.com/c/kedaipolitikindonesia

Petani separuh hati dan penulis recehan youtube.com/c/kedaipolitikindonesia

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Benarkah Pria Irak Lebih Rentan Pelecehan Seksual Dibanding Kaum Perempuan?

17 Juli 2019   15:38 Diperbarui: 17 Juli 2019   23:01 0 2 1 Mohon Tunggu...
Benarkah Pria Irak Lebih Rentan Pelecehan Seksual Dibanding Kaum Perempuan?
Ilustrasi [girlsaskguys.com]

Apakah para pria yang jadi target utama pelecehan seksual di Irak? Demikian Megha Mohan dan Haider Ahmed menjuduli artikel laporan mereka di BBC.

Pertanyaan itu berlatar belakang hasil survei Arab Barometer bagi BBC poll di 11 negara Arab (termasuk Palestina). Ini  projek survei raksasa, melibatkan 25 ribu responden yang tersebar di Algeria, Mesir, Irak, Yordania, Kuwait, Lebanon, Maroko, Sudan, Tunisia, Yemen, dan Palestina ("Are men the main target of sexual harassment in Iraq?" BBC.com. 11/7/2019).

Ada kesimpulan menarik datang dari para responden di Irak dan Tunisia. Di sana lebih banyak lelaki melaporkan pernah jadi korban pelecehan seksual, secara fisik atau verbal, dibandingkan kaum perempuannya.

Di Tunisia perbedaannya tidak terlampau jauh. Namun di Irak, jumlah responden lelaki yang melaporkan pernah mengalami pelecehan seksual verbal sebanyak 39 persen, sementara di kalangan perempuan hanya 33 persen. Demikian pula untuk kekerasan seksual secara fisik, sebanyak 20 persen pria dan 17 persen perempuan yang menjawab pernah mengalaminya.

Apakah lantas dengan hasil survei ini serta merta bisa disimpulkan kalangan pria Irak lebih rentan dibandingkan kaum perempuannya?

Rupanya tidak. Dr. Kathrin Thomas, salah seorang peneliti Arab Barometer menganalisis, angka-angka tadi bisa disebabkan para perempuan takut melaporkan pelecehan seksual yang dialaminya.

Pendapat Kathrin Thomas didukung Belkis Wille, peneliti senior Irak di Human Rights Watch. Para perempuan khawatir jika pelaku yang di-polisi-kan akan balas dendam dengan tindakan yang lebih berbahaya.

Hmmm. Rupanya begitu.

Jika Anda Om-om genit yang punya fantasi dilecehkan sekumpulan MILF mirip Mia Khalifa, membaca kabar lelaki Irak sering dilecehkan, jangan buru-buru masukan pakaian dalam koper dan pesan tiket ke Bagdad. Anda akan kecewa sebab mungkin saja yang Anda hadapi justru Om-Om kumis baplang seperti Saddam Husein.

Jika membaca laporan BBC.com itu, para pria Irak menjadi korban pelecehan saat mereka dalam usia remaja. Para pelakunya adalah juga remaja pria, yang lebih tua dari mereka, atau gank yang dibentuk remaja seusia. Jadi bukan sebaliknya para perempuan yang melecehkan lelaki. Enak buanget kalau yang terjadi seperti fantasi Anda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x