Mohon tunggu...
Padika
Padika Mohon Tunggu... youtube.com/c/kedaipolitikindonesia

Petani separuh hati dan penulis recehan youtube.com/c/kedaipolitikindonesia

Selanjutnya

Tutup

Analisis Pilihan

Inikah Kelompok Cebong Bersayap yang Amien Rais Sampaikan Setelah Jumpa Prabowo?

17 Juli 2019   00:42 Diperbarui: 17 Juli 2019   00:45 0 10 4 Mohon Tunggu...
Inikah Kelompok Cebong Bersayap yang Amien Rais Sampaikan Setelah Jumpa Prabowo?
Amien Rais [CNNIndonesia.com]

Bukan Amien Rais jika tak melontarkan kata-kata unik nan pedas untuk menyerang lawan-lawannya. "Intinya tidak ada lagi cebong kampret, tinggal cebong yang bersayap," katanya, menjelaskan hasil pembicaraan dengan Prabowo.

Pak Amien memang akhirnya bertemu dan bicara dengan Pak Prabowo. Entah kapan pastinya. Yang jelas, pertemuan berlangsung di rumah pengusaha era Orde Baru yang juga petinggi Gerindra, Maher Al Gadri.

Siapa lagi cebong bersayap itu?

Untuk menafsir makna istilah ini dan diperuntukkan kepada siapa, kita perlu melihat konteks fokus pertarungan Amien Rais dalam beberapa pekan terakhir.

Lawan-lawan Pak Amien Rais saat ini---mungkin hingga beberapa pekan ke depan---bukan pemerintahan Joko Widodo. Pak Amien sedang sibuk  internal struggle, berebut pengaruh di partai sendiri, Partai Amanat Nasional (PAN).

Bukan pertarungan main-main sebab Pak Amien Rais melawan jumlah cukup besar fungsionaris partai., dan kalah-menangnya menentukan masa depan projek politik Amien Rais.

Di akhir pekan pertama bulan ini (5/7), Pak Amien sampaikan nasihat kepada DPP Partai Amanat Nasional. "Dengarkanlah nasihat saya. Jangan kita rabun ayam hanya karena satu kursi kemudian kita bergabung" ("PAN Beri Sinyal Pindah Koalisi, Amien Rais Ingatkan agar Tak Rabun Ayam." Kompas.com. 5/7/2019).

Yah. Begitulah Pak Amien. Bahkan dalam menasihati pun diksi yang dipakai musti sarkastik. Rabun ayam, mendadak penglihatan kabur setiba senja, mungkin untuk menggambarkan opsi pindah koalisi muncul di ujung hari, ketika perhelatan pilpres telah usai.

'Nasihat' Pak Amien  kurang bersambut hangat di internal PAN. Sekjend PAN Eddy Soeparno berkomentar datar. PAN menghormati nasihat Amien Rais namun sikap resmi PAN ditentukan Rakernas (bukan Amien Rais seorang).

Wakil Ketua Umum PAN Bara Hasibuan bahkan seperti memperkencang tabuhan genderang perang terhadap Amien Rais. Ia serukan partainya tidak boleh bergantung secara berlebihan kepada sosok Amien Rais ("Bara Hasibuan: PAN Harus Melepas Ketergantungan pada Amien Rais." Kompas.com. 09/07/2019).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN