Mohon tunggu...
Om Gege
Om Gege Mohon Tunggu... Coffee4Soul.club

Petani separuh hati, kuli tempo-tempo, penulis recehan, provokator kambuhan, revolusioner musiman

Selanjutnya

Tutup

Kotaksuara Pilihan

Dalam Konteks Makar, Sulit Seret Amien Rais Ikut Jejak Kivlan dan Eggi Sudjana

28 Mei 2019   15:27 Diperbarui: 28 Mei 2019   15:48 983 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dalam Konteks Makar, Sulit Seret Amien Rais Ikut Jejak Kivlan dan Eggi Sudjana
Lieus Sungkarisma, Eggi Sudjana, Amien Rais, Kivlan Zen [Diolah dari Detik.com]

Mayjen (Purn) Kivlan Zen akhirnya mengkuti jejak kawannya, Eggi Sudjana dan Lius Sungkarisma menjadi tersangka kasus kabar bohong dan upaya makar. Mungkinkan Amien Rais menyusul?

Eggi Sudjana dilaporkan secara terpisah oleh Relawan Jokowi Jomac Supriyanto dan politisi PDIP Dewi Ambarawati alias Dewi Tanjung. Sementara Kivlan dilaporkan ke polisi atas dugaan penyebaran hoax dan dugaan makar oleh Jalaludin. Kivlan juga dilaporkan bersama Lius Sungkarisma oleh Eman Soleman.

Tak mau jadi korban, Eggi berusaha menyelamatkan diri dengan membawa-bawa nama Amien Rais. Eggi protes mengapa dirinya yang ditangkap sementara seruan people power pertama kali dilontarkan Amien Rais.

Apakah setelah Kivlan jadi tersangka, Amien Rais pun akan mengikuti jejaknya? Saya kira tidak jika landasannya hanya soal seruan people power.

Istilah people power memang sering mengacu kepada gerakan massa yang bersifat politis, berujung kepada tumbangnya pemerintahan tidak melalui jalan normal yang diatur dalam konstitusi.

Tetapi pemaknaan atas istilah people power di atas bukanlah definisi baku. Karenanya arti people power debatable  dan subjektif, sangat bergantung kepada orang yang mengucapkannya.

Amien Rais bisa saja berkilah, dan demikian yang ia lakukan, jika people power yang ia maksudkan semata-mata unjukrasa rakyat secara damai. Hal ini sah dalam demokrasi bahkan dilindungi undang-undang.

Perkiraan saya, Eggi Sudjana menjadi tersangka bukan hanya karena mengucapkan people power dalam orasinya.

Pernyataan Eggi secara lengkap adalah "Kalau people power itu terjadi, kami tidak perlu lagi mengikuti konteks tahapan-tahapan, karena ini sudah kedaulatan rakyat. ... untuk mempercepat Prabowo dilantik. Tidak harus menunggu 20 Oktober."

Kalimat di atas membuat istilah people power yang diucapkan Eggi Sudjana dimaknai sebagai upaya mobilisasi massa dengan sengaja untuk mendongkel pemerintahan Joko Widodo - Jusuf Kalla dan menggantikannya dengan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno tanpa peduli kepada mekanisme yang diatur dalam konstitusi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN