Mohon tunggu...
Padika
Padika Mohon Tunggu... youtube.com/c/kedaipolitikindonesia

Petani separuh hati dan penulis recehan youtube.com/c/kedaipolitikindonesia

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Apa Beda Hanum Rais dan Melissa Howard?

26 Oktober 2018   12:18 Diperbarui: 26 Oktober 2018   16:51 0 18 11 Mohon Tunggu...
Apa Beda Hanum Rais dan Melissa Howard?
Hanum Rais dan Melissa Howard [Diolah dari Tribunnews.com dan NYtimes.com]

Melissa Horward adalah bakal calon anggota legislatif (bacaleg) Partai Republik untuk DPRD Florida, Amerika Serikat pada Agustus lalu. Ia menjadi terkenal karena menipu soal latar pendidikannya.

Kepada publik Melissa menyatakan lulus dari Universitas Miami di Ohio, tertulis di website pribadinya. Sebuah situs warta daring, FLA News kemudian menerbitkan reportase yang mengungkap kenyataan Howard bukan lulusan Universitas Miami.

Untuk membantah laporan itu, Howard terbang ke Ohio lalu mengunggah foto di sosial media, dirinya berpose dengan ijazah diploma Universitas Miami.

Sayangnya ada orang yang memperhatikan dengan saksama foto itu dan menemukan keganjilan.

Pada ijazah dalam foto Howard tertera gelar bachelor of science degree in marketing. Sementara Universitas Miami di Ohio tidak menyelenggarakan pendidikan bergelar itu melainkan bachelor of science degree in business.

Demikian pula nama Robert Johnson sebagai penandatangan ijazah, adalah dekan graduate school, bukan school of business.

Setelah polemik berkembang, pejabat Universitas Miami Robin Parker memberi keterangan resmi bahwa Howard memang pernah kuliah namun tidak tamat.

Mellisa Howard akhirnya minta maaf namun ia tidak mundur sebagai caleg. Rasa malu tidak cukup untuk membunuh hasrat politiknya.

Sebulan setelah skandal kebohongan Melissa Howard di Amerika Serikat, kasus kebohongan serupa terjadi di Indonesia. Pelakunya adalah Hanum Rais, putri Amien Rais, politisi yang kerab menuding pemerintah sebagai pembohong.

Hanum Rais berbohong untuk menyakinkan publik agar percaya kepada kebohongan Ratna Sarumpaet. Kebohongan di atas kebohongan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3