Mohon tunggu...
Om Gege
Om Gege Mohon Tunggu... Coffee4Soul.club

Coffee4Soul.club || Petani separuh hati, kuli tempo-tempo, penulis recehan, provokator kambuhan, revolusioner musiman

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Hikmah Kritik Video Meme "Fadli Zon Tuntut Prabowo Diproses Hukum"

21 Oktober 2018   21:45 Diperbarui: 21 Oktober 2018   22:01 1159 12 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hikmah Kritik Video Meme "Fadli Zon Tuntut Prabowo Diproses Hukum"
Trump, Fadli Zon, Prabowo Subianto [Ilustrasi diolah dari Tribunnews.com dan Kompas.com]

Prabowo Subianto minta maaf atas kesalahannya menyebarluaskan kabar hoaks penganiayaan Ratna Sarumpaet. Prabowo mengaku bersalah karena sering bertindak grasa-grusu. Entah Prabowo minta maaf kepada siapa. Ia tak menyebut kepada Presiden Joko Widodo, orang yang melalui pernyataan Prabowo dan banyak tim suksesnya terkesan bertindak represif dan otoriter.

Bagi Fadli Zon, permintaan maaf adalah bukti orang itu merasa bersalah. Minta maaf berarti mengaku bersalah. Konsekuensinya, menurut Fadli Zon, orang yang minta maaf harus ditindaklajuti lewat proses hukum. Orang itu harus diperiksa polisi, diseret ke pengadilan, dan dipenjara jika terbukti bersalah.

Demikian isi video yang sedang viral di media sosial. Video ini aslinya sebuah meme. Meme adalah gambar, potongan video, atau kutipan teks yang di-diadaptasi dari versi aslinya untuk kepentingan lucu-lucan. Di twitter meme ini diunggah akun @IndoPluralitas pada 16 Oktober 2018.

meme video Fadli tuntut Prabowo diproses hukum karena minta maaf [tangkap layar twiiter @IndoPluralitas]
meme video Fadli tuntut Prabowo diproses hukum karena minta maaf [tangkap layar twiiter @IndoPluralitas]
Aslinya video Fadil Zon dipotong dari pernyataannya di acara tv Indonesia Lawyers Club yang membahas kasus ucapan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang dipolitisasi sebagai penistaan agama oleh lawan-lawan politiknya.

Namun seperti produk sosial lain, meme juga membawa pesan atau kritik sosial.

Dalam konteks video meme Fadli Zon desak Prabowo diproses hukum ini, kita boleh menafsirkan kritik yang hendak disampaikan pembuatnya, yaitu soal inkonsistensi cara berpikir, berkata, dan bertindak Fadli Zon yang mencerminkan umumnya politisi-politisi sejenis.

Meme ini mau bilang, jika Fadli Zon berkata-kata dengan sadar, dalam arti sungguh menggunakan nalar saat bicara tentang Ahok, maka dengan penalaran itu pula --orang minta maaf berarti mengaku bersalah dan karena itu harus diproses hukum--Fadli Zon harus jadi orang paling depan dalam menuntut agar Prabowo Subianto dipanggil polisi, diperiksa, diseret ke pengadilan, dan dijatuhkan vonis jika terbukti bersalah.

Sebelum video meme ini beredar, sudah banyak artikel yang membahas soal proses hukum terhadap Prabowo menggunakan logika Fadli Zon. Hal ini misalnya disampaikan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Pengurus PSI Guntur Romli bahkan menullis artikel khusus tentang ini di website pribadinya.

Fadli Zon bukan satu-satunya politisi yang inkonsistensi pikiran dan tindakannya dijadikan meme. Idola Fadli, Donald Trump di Amerika Serikat juga kerab dijadikan materi meme oleh bule-bule Amrik.

Salah satu video meme inkonsistensi Donald Trump adalah soal perubahan kata dan tindakannya yang begitu cepat berubah dalam kasus tuduhan kepada Rusia mengobok-obok Pemilu Amerika Serikat.

Saat diwawancara wartawan, Donald Trump dengan yakin katakan Vladimir Putin harus dimintai pertanggungjawaban karena Rusia bikin kacau pemilu Amerika Serikat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN