Mohon tunggu...
Padika
Padika Mohon Tunggu... youtube.com/c/kedaipolitikindonesia

Petani separuh hati dan penulis recehan youtube.com/c/kedaipolitikindonesia

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Disurvei 40 Persen Tak Dukung Jokowi, Inikah Jurus PKB Solidkan Diri?

3 September 2018   11:47 Diperbarui: 3 September 2018   15:06 0 4 2 Mohon Tunggu...
Disurvei 40 Persen Tak Dukung Jokowi, Inikah Jurus PKB Solidkan Diri?
Konsolidasi dan deklarasi SUPER Jokowi [sumber: fraksipkb.com]

Bukan hanya parpol-parpol pengusung Prabowo-Sandiaga yang preferensi anggota dan simpatisannya dalam pilpres berbeda dengan sikap partai politik. Meski lebih mending, parpol-parpol pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin juga mengalami persoalan ini. Misalnya PKB. Berdasarkan survei Alvara, 39,5 persen pemilih PKB menyatakan kecewa terhadap pen-cawapres-an Ma'ruf Amin mendampingi Joko Widodo.

Rupanya Cak Imin mengalami senjata makan tuan. Upayanya meningkatkan posisi tawar agar dengan melibatkan pernyataan para kiai agar dirinya terpilih jadi cawapres Joko Widodo menyebabkan para pendukungnya 'baper' dan sulit sembuh dari rasa kecewa.

Bagusnya PKB tidak defence seperti parpol lain yang menolak percaya hasil survei. Sekjen PKB Abdul Kadir Karding menyatakan hasil survei Avara menjadi bahan pertimbangan parpolnya untuk mengkonsolidasikan anggota dan simpatisan agar yang 39,5 persen itu memilih Jokowi-Ma'ruf Amin dalam Pilpres 2019 nanti.

Sepertinya apa yang dilakukan anggota DPR RI fraksi PKB Cucun Ahmad Syamsurijal di Jawa Barat adalah salah satu langkah mensolidkan anggota dan simpatisan PKB untuk mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin.

Dalam acara Madrasah Kader Nahdlatul Ulama sekabupaten Bandung, sabtu (1/09), Syamsurijal memperkenalkan slogan bertagar #2019NUMemimpinNKRI.

Syamsurijal berseru kepada warga NU di Kabupaten Bandung bahwa dengan Ma'ruf Amin menjadi cawapres Joko Widodo, warga NU harus kompak dalam mendukung Jokowi-Ma'ruf.

Slogan #2019NUMemimpinNKRI ini bisa jadi cukup efektif mendongkrak suara Joko Widodo di kalangan NU, lebih tinggi dari hasil survei Avara.

Sebelumnya, politisi perempuan PKB Ida Fauziah mendeklarasikan gerakan relawan SUPER Jokowi.

Menurut mantan Ketua Fraksi PKB di DPR RI ini Super Jokowi adalah singkatan dari Suara Perempuan untuk Jokowi-KH Ma'ruf Amin.

Gerakan ini menyatukan kekuatan perempuan dengan berbagai latar belakang tetapi yang terutama adalah jamaah majelis taklim.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN