Mohon tunggu...
Om Gege
Om Gege Mohon Tunggu... Coffee4Soul.club

Coffee4Soul.club || Petani separuh hati, kuli tempo-tempo, penulis recehan, provokator kambuhan, revolusioner musiman

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Jempol untuk Anies Baswedan! Rumah DP 0 Persen Belum Ada, Tarif Rusunawa Sudah Naik 20 Persen

16 Agustus 2018   08:21 Diperbarui: 16 Agustus 2018   08:38 1076 25 16 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jempol untuk Anies Baswedan! Rumah DP 0 Persen Belum Ada, Tarif Rusunawa Sudah Naik 20 Persen
Anies Baswedan dan Ahok [diolah dari Tribunnews.com dan Yellowcabin.com]

Anggota Komisi D DPRD DKI Bestari Barus pernah berkata bahwa Pak Anies Baswedan sudah jadi bahan lelucon (CNNIndonesia.com, 07/08/2018). Bestari katakan itu karena serapan anggaran Pemprov DKI di masa Anies Baswedan sangat rendah, lebih rendah dibandingkan semasa Ahok. Padahal salah satu kritik Anies kepada Ahok dulu soal rendahnya penyerapan anggaran ini.

Saking lambatnya kinerja Pemprov DKI dalam membelanjakan anggaran dalam program-program yang direncanakannya sendiri, tahun ini Pak Anies Baswedan terpaksa mencoret  pembangunan 3 rumah susun. Gara-gara itu, sekitar 14 ribu warga Jakarta terancam tak punya rumah dan progres penataan sejumlah sungai di DKI terhambat (CNNIndonesia.com, 09/08/2018).

Kabar terbaru, Pak Anies Baswedan menaikkan tarif sewa 15 Rumah Susun (rusunawa). Kenaikan itu ditetapkan melalui Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 55 Tahun 2018 tentang Penyesuaian Tarif Retribusi Pelayanan Perumahan (Kompas.com, 14/08/2018).

Rata-rata kenaikan tarif sewa Rusunawa yang mencapai 20 persen ini tentu saja sangat menyulitkan rakyat DKI sebab para penyewa rusunawa adalah masyarakat kalangan ekonomi kurang mampu.

Hidup mereka saat ini susah susah, setiap hari berjuang menyesuaikan pendapatan yang dimiliki dengan tingginya biaya hidup. Ketika pemprov menaikkan 20 persen tarif sewa rusunawa, berarti harus ada pemenuhan kebutuhan hidup lain yang harus rakyat korbankan jika ingin tetap tinggal di rusunawa. Mereka terpaksa mengurangi kualitas dan kuantitas makan sehari-hari atau kebutuhan penting lainnya.

Tidak salah memang jika pemerintahan Pak Anies dinilai sebagai bahan lelucon. Kebijakan-kebijakan yang ia keluarkan adalah apa yang ia kritik dahulu dari pemerintahan Ahok, bahkan lebih buruk lagi.

Lucunya lagi, hak rakyat atas perumahan ini adalah janji utama Anies-Sandiaga saat berkampanye jadi gubernur dahulu. Wujud dari upaya meningkatkan akses rakyat atas perumahan itu adalah program rumah DP 0 persen.

Namun kini, ketika rumah DP 0 persen itu belum terwujud, Pak Anies sudah membatalkan pembangunan 3 rusun yang berdampak 14 ribu rakyat DKI terancam tak punya rumah, ditambah pula menaikkan tarif rusunawa hingga 20 persen yang berpotensi menghilangkan akses rakyat terhadap tempat tinggal.

Saya merasa patut acungkan jempol kepada Pak Anies. Baru pernah saya lihat ada Gubernur yang berani bikin kebijakan 180 derajat bertentangan dari yang dijanjikannya dahulu. Hebat!

Sumber

  1. CNNIndonesia.com (09/08/2018) "Anies Coret Rusun Ahok, Ribuan Warga Terancam Tak Punya Rumah."
  2. Kompas.com (14/08/2018) "DKI Naikkan Tarif Sewa Rusun Rata-rata 20 Persen"
  3. CNNIndonesia.com (07/08/2018) "DPRD Sebut Anies Jadi Bahan Lelucon karena Kinerja Bawahan."

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x