Tilaria Padika aka George
Tilaria Padika aka George Petani

Artikel sejarah - ekonomi - politik - sosial budaya Twitter: @tilariapadika | surel: tilaria.padika@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Sandiaga Cawapres Ditukar PKS Cagub DKI, Ini Dia Calonnya

11 Agustus 2018   00:40 Diperbarui: 11 Agustus 2018   00:53 1236 13 7
Sandiaga Cawapres Ditukar PKS Cagub DKI, Ini Dia Calonnya
Anis Matta, Fahri Hamzah, Mardani Ali Sera. Siapa Wagub DKI pengganti Sandiaga? [diolah dari harnas.com dan Tribunnews.com

Riil politik di Indonesia bukan platform dan program perjuangan. Hal-hal seperti itu hanya ada dalam retorika para politisi. Yang ada adalah pertukaran siapa dapat apa.

Untuk kasus capres-cawapres kubu Prabowo, PKS akhirnya mau mengalah setelah jatah cawapres yang menurut mereka sudah sewajarnya jadi hak mereka sebagai pembayaran atas kesetiaan bersama Gerindra semenjak Pilpres 2014. Mengalah bukan berarti memberinya secara gratis.

Rupanya hak PKS untuk posisi cawapres ditukar dengan jabatan Wakil Gubernur DKI yang lowong setelah Sandiaga Uno mengundurkan diri.

Undang-Undang nomor 10 tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Undang-Undang nomor 1 tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang nomor 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, Walikota menjadi Undang-Undang mengatur soal tata cara pergantian wakil gubernur.

Disebutkan, parpol pengusung mengajukan dua nama kepada DPRD melalui gubernur. DPRD akan memilih salah satu dari dua nama yang diajukan parpol pengusung.

Karena pasangan Gubernur-Wakil Gubernur DKI Anies Baswedan dan Sandiaga Uno diusung PKS dan Gerinda maka kedua parpol ini pula yang berhak mengusulkan dua nama pengganti Sandiaga Uno.

Nah, karena PKS sudah mengalah membiarkan Sandiaga Uno yang menjadi cawapres pendamping Prabowo maka dua nama calon pengganti Sandiaga Uno sebagai Wakil Gubernur DKI akan diusulkan oleh PKS.

Saat ini sudah ada satu nama yang bicarakan petinggi PKS.

Kepada wartawan (Merdeka.com, 10/08/2018), Presiden PKS Sohibul Iman menyebut nama Mardali Ali Sera.

Karena UU mengatur parpol pengusung harus mengajukan dua nama untuk dipilih DPRD, kira-kira siapa lagi selain Mardani Ali Sera kader PKS yang akan diusulkan untuk mengisi pos Wagub DKI? 

Apa mungkin jika Fahri Hamzah?

Sumber:

Merdeka.com (10/08/2018) "PKS Minta Jatah Posisi Wagub DKI." beritasatu.com/politik/504992-pks-minta-jatah-posisi-wagub-dki.html