Mohon tunggu...
Padika
Padika Mohon Tunggu... youtube.com/c/kedaipolitikindonesia

Petani separuh hati dan penulis recehan youtube.com/c/kedaipolitikindonesia

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Bela Pidato Jokowi Soal Relawan Berani Berantem, Johan Budi Bikin Blunder?

6 Agustus 2018   16:33 Diperbarui: 6 Agustus 2018   16:48 0 5 5 Mohon Tunggu...
Bela Pidato Jokowi Soal Relawan Berani Berantem, Johan Budi Bikin Blunder?
Ilustrasi [diolah dari kbcs.fm,harnas.co, rakyatjakarta.id, time.com dan benankmerah.co]

Pidato Joko Widodo di hadapan Rapat Umum Relawan Pendukung Jokowi berbuah polemik. Pernyataan Jokowi agar relawan jangan takut jika diajak berantam direspon keras oleh sejumlah partai oposisi.

Andre Rosiade dari Partai Gerindra (Detik.com, 05/08/2018); Roy Suryo dari Partai Demokrat (Tirbunnews.com, 05/08/2018), dan Saleh Daulay dari Partai Amanat Nasional (Detik.com, 05/08/2018) menyatakan komentar senada, menilai pidato Joko Widodo tidak bijak sebab dapat memprovokasi konflik di akar rumput.

Elit politik Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean lebih keras lagi, menuding Joko Widodo sebagai provokator dan menuntut Jokowi minta maaf kepad publik, bahkan menyarakan DPR untuk memanggil dan menegur Presiden (Detik.com, 05/08/2018).

Menghadapi kritikan oposisi, sejumlah pendukung Joko Widodo angkat bicara.


Sekjen PDIP Hasto Kristiantyo membantah jika Joko Widodo mengajak relawan melakukan kekerasan fisik. Menurut Hasto, apa yang dikatakan Jokowi sekedar memberikan semangat. Hasto juga membela Jokowi dengan menjelaskan bahwa konflik tertinggi dalam budaya Jawa bukan berantem melainkan tidak saling bicara (Kompas.com, 05/08/2018).

Wasekjend Golkar M. Sarmuji mengatakan pernyataan Jokowi bermakna ajakan kepad relawan untuk bersiap-siaga dan pesan kepada lawan agar tidak memancing permusuhan karena aksi akan bertimpal reaksi (Detik.com, 05/08/2018).

Sekjend Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni melah balik menyerang kubu parpol oposisi, mengatakan kritikan mereka sebagai kombinasi antara fitnah kejam, intepretasi serampangan, dan moralitas yang rendah (akurat.co, 05/08/2018).

Namun di antara beragam pembelaan kubu pendukung Joko Widodo, ada satu yang terasa kurang pas, pernyataan dari juru bicara kepresidenan Johan Budi.
Menurut Johan Budi, ajakan jangan takut diajak berantam yang disampaikan Joko Widodo semata-mata kiasan, tidak untuk berantem fisik tetapi untuk melawan fitnah dan ujaran kebencian  (Tempo.co, 05/08/2018).

Pernyataan Johan Budi tidak salah. Hanya saja, ia bicara dalam konteks sebagai siapa?

Johan Budi adalah juru bicara kepresidenan. Tugasnya adalah meneruskan apa yang hendak disampaikan presiden kepada rakyat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x