Tilaria Padika aka George
Tilaria Padika aka George Petani

Artikel sejarah - ekonomi - politik - sosial budaya Twitter: @tilariapadika | surel: tilaria.padika@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Rahasia Verifikasi Biru Hanya dengan 3 Artikel

1 April 2018   12:30 Diperbarui: 1 April 2018   12:58 856 25 19
Rahasia Verifikasi Biru Hanya dengan 3 Artikel
Dokpri

Agar akun Kompasiana Anda mendapat verifikasi biru itu sesungguhnya mudah saja. Anda bisa meraihnya hanya dengan tiga artikel. Betapa beruntung Anda temukan artikel ini.  Saya menyisipkan trik rahasia pada paragraf-paragraf berikut. Jika jeli, Anda segera mengerti.

Hari Rabu kemarin, ketika menghadiri pemakanan kerabat di kabupaten sebelah, hampir sepanjang hari saya terus saja merasakan geli pada sepasang kuping. Bagai ada gadis yang berbisik dengan bibir nyaris menempeli kuping saya. Sepanjang perjalanan pulang, saya terus bertanya-tanya dalam hati, pertanda apakah ini.

Saat membuka laman Kompasiana, rasa penasaran itu terjawab. Rupanya akun yang telah berusia setahun ini akhirnya mendapat verifikasi biru.

Ternyata rasa geli pada telinga seolah ada gadis berbisik di kuping itu karena Om-Tante admin membicarakan diri saya dalam rapat mingguan mereka. Konon, tanda verifikasi biru diputuskan dalam rapat mingguan para admin. Hmmmm. Tante admin mana yang  bibirnya berbisik hampir menyentuh kuping saya?

Tentu saja naik pangkat dari hijau ke biru menyenangkan saya. Kata orang, verifikasi biru berarti si kompasianer credible. Saya duga itu artinya biasa membeli secara kredit. Tetapi kalau menurut KBBI, yang menyerap credible dalam bentuk nomina kredibilitas, artinya bisa dipercaya.

Dianggap bisa dipercaya bikin hati saya berbunga-bunga. Mungkin sebentar lagi berbuah.

Tetapi saya jadi penasaran. Apa yang membuat saya dianggap credible?

Saya lantas mencari dan menemukan ulasan admin soal ini. Katanya untuk bisa dapat verifikasi biru, seseorang harus memiliki perhatian pada bidang tertentu. Kesimpulannya, verifikasi biru diberikan kepada mereka yang punya kredibilitas untuk bidang tertentu. Biasanya yang bisa begitu tentu seorang spesialis. 

Tetapi saya bukan spesialis. Saya tidak ahli dalam bidang tertentu. Saya semurni-murninya generalis. Seorang yang dengan pengetahuan terbatas sirik pada segala hal. Seseorang yang tidak bahagia jika ada hari yang dilalui tanpa mencemo'oh para politisi.

Atau adakah saya spesialis untuk bidang tertentu? Saya membuka-buka sejarah artikel saya. Aha. Eureka! Rupanya admin Kompasiana berpandangan saya dapat dipercaya sebab artikel-artikel cerpen Seri Tuan Martinus.

Saya berpendapat begitu sebab verifikasi biru ini saya peroleh tepat pada hari Seri Tuan Martinus episode yang ketiga ditayangkan.

Hmmm, sangat mungkin demikian. Saya tidak membantahnya. Saya bahkan berani bertaruh, tiada Kompasiner lain yang lebih mengenal dan memahami Tuan Martinus dibandingkan saya.

Jadi begitulah, Om-Tante. Itulah rahasia diverifikasi biru hanya dengan 3 artikel. Cukup menulis kisah seperti Seri Tuan Martinus. Artikel-artikel lain hanya tambahan tak penting.

Eh, iya. Ngomong-ngomong, Om-Tante tidak punya kegiatan lebih berguna selain membaca artikel omong-kosong ini? Kalau begitu, saya ucapkan selamat April Mob yaaaa. 

***

Tilaria Padika

29/03/2018