Mohon tunggu...
Finiez
Finiez Mohon Tunggu... Mahasiswa - Be do the best

Marilah kita memulai lagi sebab kita belum berbuat apa-apa

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Beretika di Ruang Digital

13 Juli 2021   21:41 Diperbarui: 13 Juli 2021   21:50 48 10 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Beretika di Ruang Digital
Ruangdigital.com

Dalam sambutannya Pak Jokowi pernah berkata " Kewajiban kita bersama adalah meminimalkan konten-konten negatif dan membanjiri ruang digital dengan konten-konten positif. 

So, bagaimana seharusnya etika yang digunakan dalam ruang digital ? Apa yang menyebabkan  terjadinya kasus-kasus penyebaran konten yang tak senonoh ? 

Diera milenial ini,gawai sudah menjadi teman dekat manusia tanpa memandang kelas dan golongan. Akan tetapi tidak semua orang tahu dan bijak menggunakan gawainya. Ada yang menggunakan gawai hanya sekedar hiburan,bisnis,dan lain sebagainya. 

Oleh karena itu, saya hanya ingin berbagi pengalaman tentang bagaimana seharusnya beretika diruang digital. Kita pasti tahu bahwa dulu ada pepatah mengatakan " Mulutmu adalah harimaumu" dan sekarang lebih tepat dikatakan " Jempolmu adalah..."

Nah, beretika diruang digital maksudnya adalah kemampuan seseorang dalam menyadari,mencontohkan diri,mempertimbangkan,dan mengembangkan netiquet dalam kehidupan sehari-hari. 

Ada 8 hal yang harus kita ketahui sebelum menyebarkan konten diruang digital. Kedelapanpoin tersebut akan saya jabarkan ,antara lain :

1. Selalu ingat " Tulisan " adalah perwakilan diri kita

Apapun bentuk postingan kita,perhatikanlah apa yang harus kita tuliskan disana. Jangan sampai tulisan yang kita buat menjerat diri kita sendiri. Melainkan tuliskanlah sesuatu yang menginspirasi atau mengoreksi dengan sopan. 

Jika tulisan orang lain membuatmu marah atau kecewa,tarik nafas sejenak. Jangan biarkan jempolmu menari sebebas mungkin untuk kembali berkhianat.

2. Yang Diajak berkomunikasi adalah manusia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN