Mohon tunggu...
Tika Ardhiani
Tika Ardhiani Mohon Tunggu... Wiraswasta - Marketing Executive

Saya memiliki ketertarikan untuk menulis, terutama hal-hal yang menyangkut tentang pentingnya kesadaran kesehatan mental dan mengenai ilmu astrologi barat (western astrology).

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Meditasi dan Manfaatnya

22 Agustus 2022   19:30 Diperbarui: 22 Agustus 2022   19:31 91 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Saya mulai mengenal dan melakukan meditasi di tahun 2020, tepat dua bulan sebelum pandemi hadir. Saat itu saya mengikuti kelas mindfulness dari mas Adjie Santosoputro. Kelas mindfulness sendiri adalah kelas yang mengajarkan saya arti sebuah kesadaran tentang keadaan disini kini, saat ini. Meditasi mindfulness ini membantu saya mengurangi kecemasan saya , yang terkadang terlalu memikirkan masa lalu atau masa depan. Meditasi mindfulness mengajarkan saya untuk sadar dan berada pada titik sekarang dan belajar memisahkan diri saya dengan pikiran-pikiran saya.  

Pengalaman saya belajar meditasi membuat saya menyadari bahwa berlatih napas didalam meditasi merupakan salah satu kunci agar kita dapat lebih fokus dan rileks. Dengan meditasi, saya merasa jauh lebih tenang dan fokus menghadapi keseharian. Sebenarnya jika meditasi dilakukan secara teratur, anda dapat merasakan manfaatnya lebih cepat, seperti : badan lebih rileks, pikiran lebih fokus, jiwa lebih tenang, dan menjadi tidak reaktif.  Meditasi juga mengajarkan saya bahwa bernafas merupakan anugerah Tuhan yang sangat berharga. 

Bagi anda yang baru memulai meditasi, mungkin akan merasakan kesulitan. Rasanya anda bertemu dengan semua pikiran anda dan sulit untuk bisa fokus kembali ke nafas anda. Jika anda mengalami kesulitan dalam bermeditasi , anda dapat menggunakan banyak media meditasi yang ada diplatform sosial media seperti youtube. Banyak pilihan meditasi yang akan dibimbing oleh seseorang sehingga anda hanya mengikuti apa yang dikatakan dan fokus pada nafas anda.  Anda bisa memulai  meditasi dengan durasi yang paling singkat terlebih dahulu agar mulai terbiasa. Lakukan meditasi setiap harinya, bisa mulai dilakukan setiap pagi setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. 

Anda juga bisa mengikuti kelas-kelas meditasi yang ada. Banyak kelas meditasi yang bisa dilakukan bersama-sama baik secara online maupun offline. Saat ini saya sedang aktif mencoba kelas meditasi bersama yang diselenggarakan oleh Golden Space Indonesia. Manfaat yang saya dapatkan ketika bermeditasi bersama-sama membuat saya merasa tidak sendiri, dan dapat berbagi energi positif dengan sesama peserta dan juga pengajar. Kelas meditasi di Golden Space diadakan setiap pagi, siang, sore dan malam hari, sehingga banyak pilihan waktu yang bisa disesuaikan dengan kesibukan anda. 

Banyak manfaat yang saya rasakan ketika rutin melakukan meditasi.  Untuk saya yang memiliki kecemasan, meditasi benar-benar membuat saya jauh lebih tenang , overthinking saya pun jauh berkurang dan saya menjadi lebih bersahabat dengan pikiran-pikiran saya. Jika dilakukan dalam jangka panjang, kelas meditasi akan membantu memulihkan dan menjaga kesehatan mental dan fisik anda.  Kelas meditasi banyak menawarkan manfaat sesuai keinginan anda, seperti untuk ketenangan, untuk fokus dan untuk manifestasi (seperti memaafkan dan reparenting inner childhood, dsbnya) . Tentunya, anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan anda. 

Menarik bukan? Jadi, apa anda tertarik untuk mencoba bermeditasi? 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan