Mohon tunggu...
Tika Ardhiani
Tika Ardhiani Mohon Tunggu... Wiraswasta - Marketing Executive

Saya memiliki ketertarikan untuk menulis, terutama hal-hal yang menyangkut tentang pentingnya kesadaran kesehatan mental dan mengenai ilmu astrologi barat (western astrology).

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Ingin Mengurangi Kecemasan? Coba dengan Cara Ini

26 Juli 2022   11:30 Diperbarui: 26 Juli 2022   11:32 113 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Rasa cemas pasti dialami setiap orang jika menghadapi suatu masalah. Namun demikian, tiap orang bisa memiliki tingkatan rasa cemas yang berbeda-beda. Ada individu yang bisa menanggapi suatu hal dengan lebih tenang dibandingkan yang lainnya. Ada individu yang lebih mudah cemas dibanding yang lainnya. 

Lalu,apa itu kecemasan? Menurut  Muyasaroh et al., 2022, kecemasan merupakan keadaan emosi yang muncul pada seseorang ketika ia mengalami stress, ditandai dengan perasaan tegang, pikiran-pikiran yang membuat seseorang merasa khawatir dan dapat disertai respon fisik seperti jantung berdebar dan meningkatnya tekanan darah. 

Kecemasan bisa menganggu kinerja dan konsentrasi seseorang, apalagi jika terjadi terus menerus. Pikiran menjadi bercabang dan pada akhirnya kesulitan melakukan hal-hal yang harusnya dilakukan. Bahkan dalam tingkat yang berat, kecemasan bisa mengakibatkan gejala-gejala psikis seperti : sakit kepala, insomnia, gemetar, hyperventilasi dan sebagainya. 

Bagi anda yang mudah mengalami kecemasan, berikut beberapa tips rutin yang bisa anda lakukan untuk mengurangi kecemasan :

1. Bangun tidur tanpa gadget. Usahakan saat anda bangun tidur, anda tidak langsung melihat gadget anda (screen time). Coba untuk melakukan aktivitas lain setelah bangun tidur.

2. Setelah bangun tidur anda bisa mencoba dengan melakukan meditasi. Meditasi ini cukup dilakukan selama 5 menit. Anda bisa menemukan banyak meditation guide yang bisa anda coba di social media. 

3. Journaling. Biasakan diri anda untuk menulis. Gratitude journaling merupakan salah satu pilihan yang bisa anda lakukan. Bagaimana caranya? Anda cukup menulis 3 hal yang anda syukuri dari diri anda, 3 hal yang anda syukuri dari hidup anda dan 1 hal baik yang ingin anda lakukan hari ini. Lakukan jurnaling ini secara teratur, maka anda akan mendapatkan banyak manfaat setelahnya, termasuk lebih fokus kepada hal-hal baik yang terjadi pada hidup anda.

4. Berjemurlah atau lakukan aktivitas diluar rumah dengan berjalan kaki 5 sd 10 menit setiap harinya. 

5.  Sembari berjemur atau olahraga ringan anda dapat mendengarkan podcast. Luangkan waktu 10 menit untuk mendengarkan podcast yang bermanfaat, misalnya podcast tentang isu finansial. Sehingga setiap harinya anda mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

6. Konsumsilah makanan dan minuman sehat seperti sayur-sayuran, buah-buahan,kurangi gorengan dan gula serta kurangi konsumi kafein harian anda. Makanan dan minuman yang anda konsumsi bisa mempengaruhi tingkat kecemasan anda. 

7. Di pagi hari mandilah dengan air dingin selamat 3 menit dari ujung kepala hingga kaki (sebelum menggunakan sabun atau sampo). Hal ini dapat membantu anda meningkatkan konsentrasi anda seharian.

8. Saat malam tiba, tarolah gadget anda diluar kamar ,30 menit sebelum anda tidur. Isi kegiatan seperti membaca buku sebelum tidur daripada menggunakan gadget anda, karena cahaya dari gadget dapat membuat anda kesulitan untuk tidur.

9. Sebaiknya gunakan jam analog untuk alarm anda, jangan menggunakan ponsel.

10. Mandilah dengan air hangat sebelum tidur agar badan anda menjadi lebih rileks. 

11. Latian pernafasan. Cobalah untuk melakukan teknik pernafasan sebelum tidur. Lakukan teknik pernafasan yang sesuai, anda bisa mencari beberapa referensi dari social media seperti youtube. Niscaya tidur anda akan jauh lebih nyenyak dan teknik bernafas ini bisa anda gunakan saat kecemasan menghampiri agar merasa lebih tenang. 

12. Sebelum tidur, kembali lakukan jurnaling untuk menutup hari anda dengan menuliskan rasa syukur anda hari ini, kejadian baik apa yang anda alami dan hal-hal apa dari diri anda yang ingin anda tingkatkan dikemudian hari.

13. Gunakan lampu dengan cahaya redup saat anda tidur agar tidur anda lebih nyenyak. 

Selamat mencoba! Semoga aktifitas-aktifitas ini bisa membantu anda mengurangi kecemasan. Jika dirasa anda membutuhkan bantuan, ada baiknya anda mengkonsultasikan gejala-gejala kecemasan anda ketenaga profesional, seperti psikolog ataupun psikiater.


Salam Sehat!





Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan