Mohon tunggu...
Tiffany Kellytania
Tiffany Kellytania Mohon Tunggu... Mahasiswa - hello!

seorang pelajar yang sedang berjuang

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Tematik UPI 2021: Memperkenalkan Bahasa Korea kepada Anak Kelas 6 SD di SD Islam Bakti Asih

31 Juli 2021   23:54 Diperbarui: 1 Agustus 2021   00:32 374
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada tanggal 27 Juli 2020, saya diberi kesempatan oleh wali kelas 6 SDI Bakti Asih untuk memperkenalkan jurusan yang sedang saya tempuh saat ini. Memang jurusan saya ini termasuk jurusan yang masih belum dikenal oleh masyarakat luas yaitu, Pendidikan Bahasa Korea yang sering disamakan dengan jurusan bahasa Korea. Nyatanya jurusan pendidikan bahasa Korea dan jurusan bahasa Korea tidak dapat disamakan karena sudah jelas yang satu terdapat kata “pendidikan”dimana sudah pasti mahasiswanya dituntut untuk dapat menjadi pengajar yang baik dalam bidangnya.

Saat itu, saya memperkenalkan jurusan saya dalam bentuk pembelajaran bahasa Korea dasar. Tema yang saya bawa yaitu perkenalan dalam bahasa Korea. Karena waktu yang diberikan tidak terlalu banyak, maka saya membawakan materi yang cukup mudah dipahami walaupun dalam waktu yang singkat.

Saya diberikan waktu kurang lebih 30 menit oleh wali kelas dari kelas 6A dan 6B. Dalam kurun waktu tersebut, saya mengajar menggunakan media pembelajaran power point (PPT) dan menggunakan aplikasi zoom meeting, menyesuaikan dengan platform yang sering digunakan di sekolah ini.

Ketika saya mulai mengajar dan berinteraksi dengan siswa kelas 6 di sekolah ini, saya merasa senang karena siswa cukup aktif, responsif, dan bisa mengikuti irama mengajar saya. Beberapa siswa bahkan sudah bisa melafalkan perkenalan bahasa Korea dengan baik.

dokpri
dokpri
Saat itu saya mengajarkan bahwa jika mau memperkenalkan diri dalam bahasa Korea, maka Langkah pertama yaitu, salam “안녕하세요” yang diucapkan dengan (Annyeonghaseyo). Lalu dilanjutkan dengan perkenalan nama “저는…입니다” yang dilafalkan sebagai (Joneun …imnida). Terakhir, perkenalan sebagai siswa SDI Bakti Asih “저는 박티 아시 초등학교 학생입니다” yang dibaca menjadi (Joneun bakti asih codeung hakkyo haksaengimnida). Walaupun terlihat dan terdenar sulit, namun para siswa di SDI Bakti Asih ini merespon dengan cukup antusias yang ditandai dengan aktifnya mereka mencoba untuk mengikuti kalimat perkenalan yang saya ucapkan terlebih dahulu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun