Mohon tunggu...
Tifalny Sausan Haliza
Tifalny Sausan Haliza Mohon Tunggu... Pelajar

Graphic Designer @creategeneration

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Bagaimana Menjadi Siap Ketika Hidup Tidak Sesuai Rencana

2 Maret 2021   21:21 Diperbarui: 2 Maret 2021   21:41 519 3 0 Mohon Tunggu...

Apa yang harus dilakukan ketika hidup tidak sesuai rencana?

Satu hal yang perlu di ketahui tentang kehidupan adalah bahwa hal itu tidak selalu berjalan sesuai rencana. Apa yang kita lakukan tentang itu adalah apa yang membuat kita menjadi diri sendiri. Setiap orang pasti senang kalau hidup berjalan sesuai rencana. 

Ketika hal-hal dapat diandalkan dan konsisten. Ketika ingin tahu apa yang akan terjadi. Dengan kata lain, setiap orang suka memegang kendali. Namun seringkali hidup tidak berjalan sesuai rencana.

Kita sering kali akhirnya menghakimi dan menyalahkan diri sendiri atas hal-hal yang tidak dapat kita kendalikan. Itu tidak adil. Tidak peduli seberapa keras kamu mencoba, seberapa baik kamu, atau apa yang kamu lakukan, ada beberapa hal yang memang tidak dapat kamu kendalikan. Tidak semuanya salah mu. 

Beberapa hal memang penting untuk mengambil tanggung jawab ketika kamu benar-benar melakukan sesuatu yang salah, tetapi saya berbicara tentang semua hal yang terjadi dalam hidup, yang membuat kamu lengah dan membuat kamu bingung, karena mereka bukan apa-apa. Bukan yang kamu harapkan atau inginkan.

Mencoba mengendalikan segalanya, mencoba membuat hidup agar berjalan dengan sempurna, hal itu sangat melelahkan. Beban besar untuk mengharapkan bahwa kamu akan selalu tahu apa yang harus dikatakan dan apa yang harus dilakukan, bagaimana membuat semua orang bahagia, bagaimana sukses, cara yang benar untuk melakukan sesuatu, dan apa yang harus dilakukan setiap orang. Kamu tidak bisa dan tidak boleh bertanggung jawab untuk mengendalikan dan memperbaiki semua itu.

Menerima bahwa hidup tidak dapat diprediksi dan terkadang di luar kendali, memungkinkan untuk hidup bergerak maju. Jika tidak dapat menerima kebenaran ini, kamu akan terus berjuang tanpa harapan melawan kenyataan. 

Hidupmu akan tetap terjebak dalam penderitaan dan perjuangan untuk mencoba mengontrol, memperbaiki, dan mengubah apa yang tidak dapat dikendalikan, perbaiki, dan ubah. Lebih banyak usaha, lebih banyak ketekunan, atau lebih banyak pengendalian diri tidak akan selalu menciptakan hasil yang kamu cari.

Kamu dapat memegang erat apa yang kamu inginkan, apa yang kamu harapkan, atau kamu dapat melepaskan ekspektasi mu dan menerima apa yang ada. Menerima apa yang tidak bisa diubah bukan berarti kamu terjebak dan ditakdirkan untuk menderita. Kamu mungkin tidak dapat mengubah situasi atau orang lain, tetapi kamu dapat mengubah cara kamu berpikir.

Menerima bahwa banyak hal di luar kendali mu, tidak menyerah atau menyerah. Itu bukan berarti lemah. Itu tidak berarti orang lain menang dan kamu kalah. Ini hanya mengetahui perbedaan antara fantasi dan kenyataan. Ini memungkinkan kamu untuk mengerahkan upaya mu pada apa yang sebenarnya dapat dikendalikan.

Lalu bagaimana melepaskan kendali dan mengatasi masalah ketika hidup tidak berjalan sesuai rencana:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN