Mohon tunggu...
Tievani Justin
Tievani Justin Mohon Tunggu... Freelancer - 1998

hmmm

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Logistik di Era Disruption

25 Desember 2019   00:06 Diperbarui: 25 Desember 2019   00:06 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Memang benar adanya, segala sesuatu akan digantikan oleh kecanggihan teknologi. Kecanggihan teknologi yang semakin lama semakin berkembang akan mempengaruhi kehidupan manusia. Saat ini kita dihadapkan pada revolusi industri 4.0 yang mana menggabungkan antara Internet of Things (IoT), Big Data, percetakan 3D, dan Artifical Intelligence (AI). Secara singkat dalam hal ini, menggabungkan antara kemampuan dan kecanggihan teknologi dalam proses komunikasi menggunakan internet. Yang dilakukan untuk efisensi waktu dan biaya.

Dengan kehadiran teknologi yang semakin canggih, Kalian sadar gaksih kalo sekarang ini, hidup kita benar-benar dipermudah. Entah itu disaat kita mau pesan makanan, mau diantar ketempat tujuan, mau belanja, mau bayar tagihan dan lain-lain semuanya hanya dengan kekuatan Smartphone! Canggih banget gaksih, tapi pastiin juga ya kalo Smartphone kamu ada kuotanya.

Berbicara mengenai era disruption dan revolusi industri 4,0 bukan hanya merubah perilaku manusia yang semakin dimudahkan dengan kecanggihan teknologi, tetapi juga merubah perilaku bisnis. Peran logistik juga berpengaruh dalam perjalanan bisnis di era ini.  Untuk mendukung hal tersebut, J&T sebagai salah satu perusahaan pengiriman ekspress yang menerapkan perkembangan teknologi pastinya juga gamau  kalah dong.

J&T merupakan perusahaan pengiriman ekspress yang terbilang baru dibandingkan dengan kompetitornya, tetapi J&T mampu menarik pangsa pasar yang sebelumnya dikuasi oleh kompetitor sejenis. Dengan mengusung slogan "Express Your Online Business" yang mendukung setiap pergerakan bisnis secara cepat dengan  memanfaatkan teknologi. Selain itu J&T sebagai dasar dari sistemnya sudah  memiliki jaringan luas yang memfasilitasi layanan ekspress untuk seluruh pelanggan di Indonesia.

Hal yang membedakan J&T dengan kompetitornya yaitu pada layanan yang ditawarkan lewat apliasi J&T Express. Jika biasanya pada ekspidisi lain, pelanggan yang akan mengantarkan barangnya ke tempat eksepdisi dengan minimal barang yang dikirim, tetapi dengan J&T barang yang akan dikirim dapat dijemput oleh staff dari J&T.

Adapun keunggulan lain yang dimiliki J&T Express yaitu pelanggan dapat cek tarif kiriman dengan memasukan kota asal, tujuan berat barang dan akan menampilkan tarif pengiriman barang. Pelanggan juga dapat cek resi/lacak kiriman, bukan diketik lagi loh tapi pelanggan juga bisa barcode! Wow semudah itu. Fitur yang gak kalah keren yaitu fitur drop point yang bisa kita cek dalam aplikasi untuk melihat lokasi dimana saja agen J&T berada sehingga akses pengiriman dan pengantaran paket ke alamat tujuan menjadi lebih dekat. Sejauh ini J&T sudah memiliki 2000 drop point disetiap titiknya, yang pasti memudahkan pelanggan dan pelaku bisnis dalam mendorong industri 4.0.

Kalo mau kirim paket, inget.... J&T Express!

  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun