Mohon tunggu...
Tico Guinessha
Tico Guinessha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Saya Introvert Dan Saya Bangga

Saya Introvert Dan Saya Bangga

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Tips Ampuh Mengatasi Kebotakan di Usia Muda

16 Juni 2021   21:40 Diperbarui: 16 Juni 2021   21:47 318
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hallo, saya masih berumur 21 tahun tapi saya mengalami masalah dengan rambut saya. Rambut saya mengalami kerontokan yang dapat mengganggu penampilan saya. Saya juga kurang PD karena terkadang rambut saya rontok tidak sesuai tempatnya. Nah, mungkin saja disini ada yang mengalami masalah seperti saya sehingga kali ini saya ingin berbagi tips yang menurut saya ampuh untuk menghindari/ memperbaiki masalah kerontokan rambut Anda dan semoga ini berguna untuk kalian.

Dari beberapa jurnal yang saya baca ada beberapa kemungkinan penyebab kerontokan rambut yang berlebihan. Salah satu penyebab paling umum adalah karena genetika.

1. Kurangi Kebiasaan  Yang Buruk 

Banyak hal yang sering Anda lakukan dapat menyebabkan rambut rontok. Mencuci rambut saja tidak cukup, Anda harus sering mencuci rambut menggunakan sampo khusus anti rambut rontok dua kali seminggu sudah cukup. Pola makan yang tidak tepat juga dapat menyebabkan rambut rontok. Anda perlu makan makanan yang kaya lemak, protein dan nutrisi untuk menyehatkan tubuh dan kulit kepala Anda. Merokok dan minum alkohol dapat memperburuk kerontokan rambut, tetapi dapat mengurangi stres. Padahal, merokok dan minum alkohol bisa mempersempit pembuluh darah dan mengurangi aliran darah dan aliran darah. Ke folikel rambut.

2. Gunakan Minyak Kelapa 

Mungkin ini adalah cara alami yang saya sarankan untuk anda. Anda yang tidak suka menggunakan obat dari bahan kimia dapat mencoba menggunakan minyak kelapa untuk mencegah kerontokan rambut. Sejak lama katanya minyak kelapa sudah digunakan oleh orang zaman dulu untuk menghindari masalah kerontokan jadi tidak salah jika anda. Mengoleskan minyak kelapa ke kulit kepala dapat memperkuat rambut dan menghindari kerontokan akibat kerusakan.

3. Minimalkan Stres Anda

Stres adalah penyebab utama kerontokan rambut. Stres dapat mencegah pertumbuhan rambut dan menyebabkan kerontokan rambut yang berlebihan. Ini juga dapat menyebabkan respons autoimun, di mana sistem kekebalan menyerang folikel rambut dan menyebabkan kerontokan rambut. Ketika kita sedang stres, tubuh kita melepaskan hormon ini. Ini akan mengganggu siklus pertumbuhan rambut. Lalu bagaimana cara meminimalkan stres? Cara setiap orang mungkin berbeda. Saya sarankan mulai dengan pemulihan berkelanjutan, olahraga teratur, makan dengan benar, tetap terhidrasi, dan menghindari merokok. Narkoba dan alkohol.

4. Minum Obat Untuk Rambut Rontok

Saat saya mengalami kerontokan rambut saya mencoba mencari beberapa obat yang dapat menghentikan kerontokan rambut saya dan saya menemukan nama Minoxidil. Minoxidil adalah pengobatan masuk untuk alopecia androgenetik pada pria dan wanita. Dokter terkadang menggunakan minoxidil untuk mengobati penyebab kerontokan rambut, seperti dari kemoterapi. Selain Minoxidil saya juga menemukan nama obat Finasteride.  finasteride efektif untuk menumbuhkan kembali rambut kulit kepala. Namun, finasteride tidak menyebabkan rambut tumbuh kembali di area tubuh lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun