Mohon tunggu...
Tiarma BRManurung
Tiarma BRManurung Mohon Tunggu... Jurnalis - Mahasiswa

Wherever you are be a good human

Selanjutnya

Tutup

Money

Di Era Logistik Industri 4.0, J&T Express Andalanku!

24 Desember 2019   04:47 Diperbarui: 24 Desember 2019   05:07 185
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Teknologi tidak pernah berhenti berkembang dan kerap membantu manusia memenuhi kebutuhan, baik dalam skala kecil maupun besar. Teknologi memudahkan manusia untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan menghemat waktu dan tenaga, tidak terkecuali dalam masalah belanja.

Beberapa tahun mengenal dunia online shop membuat saya belajar bagaimana dunia logistik di Era Industri 4.0. Dimana bisnis e-commerce di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal tersebut dapat dilihat pada beberapa tahun terakhir bisnis e-commerce ini menjadi sebuah trend dan menjadi sebuah peluang dalam berbisnis di masyarakat. Kini e-commerce telah mencapai fase e-commerce 4.0 yang melibatkan berbagai perkembangan teknologi. 

E-commerce 4.0 memungkinkan adanya integrasi antara toko offline dan online dengan sebutan O2O atau online-to-offline. E-commerce 4.0 sebagai bagian dari Revolusi Industri 4.0 adalah sebuah hal yang harus dihadapi. Perlu ada penguasaan teknologi untuk dapat mengikuti arus perkembangan bisnis di era ini. Kemudahan yang ditawarkan teknologi semakin banyak, sehingga calon pembeli lebih memilih berbelanja dan menggunakan jasa hanya dengan aplikasi pada ponsel dengan durasi tidak sampai lima menit.

Pada dasarnya e-commerce melakukan sourching dan delivery dimana tujuan dari sourching adalah mendapatkan barang-barang dari supplier untuk diperdagangkan secara online, sementara delivery menjadi hal yang paling penting dikarenakan delivery ini memastikan pengiriman barang yang dipesan customer dapat dikirim tepat waktu.

Pada layananan delivery saya menemukan J&T sebagai salah satu yang terbaik. Dimana saya sudah beberapa kali menggunakan layanan J&T sebagai layanan delivery yang saya andalkan.

Disini saya akan menceritakan awal pertama saya menggunakan J&T, saat itu saya ingin membeli buku paket sbmptn dari aplikasi belanja online shopee, saat memilih jasa pengiriman barang saya memilih J&T yang sejujurnya awalnya saya hanya asal pilih saja. Saat saya memilih J&T ada bacaan " Akan diterima pada tanggal sekian -- sekian " yang saya hitung sekitar 2-7 hari. Setelah saya memesan paket tersebut saya memilih metode pembayaran indomaret ( karena pada saat itu saya baru pertama kali belanja dari online ) . Setelah saya membayar, pada aplikasi shopee saya, di status pengiriman ada pemberitahuan yang tertulis " Pesanan Dibuat " dan " Penjual telah menerima rincian pesanan Anda ". Besoknya saya menerima pemberitahuan kembali bahwa paket saya telah diterima oleh J&T. Dihari selanjutnya paket saya langsung dikirim. Selama beberapa hari saya selalu memantau perjalanan paket saya melalui nomor resi yang diberikan di cek resi J&T Express.

Berikut cara mengecek resi pada J&T Express

jt-jpg-5e01225bd541df71925cd2d2.jpg
jt-jpg-5e01225bd541df71925cd2d2.jpg
 Jujur saya sangat menyukai informasi cek resi yang ada pada J&T, menurut saya informasinya sangat baik dan informatif, dari mana ke mana, sampai jam berapa, bahkan siapa nama kurir yang membawa paket semuanya jelas, sehingga saya yang pemula dalam belanja online ini lebih mengerti.

 Disini saya juga ingin membagikan alasan saya mengapa sampai saat ini, J&T express masih saya andalkan karena selain cek resi yang sangat baik, pelayanan yang saya dapatkan lainnya juga sangat baik, yaitu saat dimana saya sebagai pembeli pemula belanja online, masih ingat dengan jelas bahwa paket saya sampai hanya dalam waktu 4 hari, paket saya langsung saya terima di rumah saya tanpa saya harus menjemput ke tempat J&T nya dan tanpa bayar biaya pengantaran ke rumah, dan yang paling mengesankan saya adalah saya masih mengingat dengan jelas, saya menerima paket tersebut di hari minggu! , wow, kenapa saya bilang wow ? karena sebelumnya saya pernah diberitahu oleh teman saya bahwa biasanya jasa layanan antar barang tidak beroperasi di hari minggu ataupun hari libur nasional. Sejak saat itu, saya selalu memakai jasa layanan J&T Express hingga saat ini.

Baru-baru ini saya juga melakukan belanja online dengan tetap memakai jasa layanan J&T Express andalan saya.

Dibawah ini bukti saya menggunakan jasa layanan J&T Express

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun