Mohon tunggu...
Tiara Nurfngkan Priantiwi
Tiara Nurfngkan Priantiwi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pendidikan Indonesia

untuk keperluan tugas KKN

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Kelompok 3 KKN Tematik UPI 2022: Mewujudkan Senyum Sehat Anak

10 Agustus 2022   13:07 Diperbarui: 10 Agustus 2022   22:04 231 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sesi Pematerian. Dokpri

Kesehatan adalah hal yang penting bagi setiap orang. Setiap orang pasti menginginkan dirinya sehat agar dapat menjalankan aktifitas sehari-hari dengan maksimal. 

Agar tetap sehat kita tentunya harus bisa merawat dan menjaga setiap anggota tubuh kita, Salah satu anggota tubuh tersebut adalah gigi dan mulut. 

 Banyak permasalahan yang akan muncul jika kita tidak bisa menjaga kebersihan gigi dan mulut. 

Menurut hasil Riset kesehatan dasar (riskesda) tahun 2018 yang dilansir dari Rumah sakit gigi dan mulut Maranatha menyebutkan bahwa sebanyak 57,6% penduduk Indonesia mengalami masalah gigi dan mulut, bahkan prevalensi penderita gigi berlubang pada anak usia dini mencapai 93%.

Berdasarkan pada data tersebut dapat disimpulkan bahwa kesadaran dan pengetahuan masyarakat akan menjaga dan merawat kesehatan gigi masih terbilang rendah. 

Dengan alasan tersebut maka Kelompok 03 KKN Tematik 2022 UPI membuat sebuah program edukasi cara merawat kesehatan gigi dan mulut yang ditujukan kepada anak usia sekolah dasar. Kami memilih anak usia sekolah dasar karena penanaman kebiasaan baik biasanya dilakukan sejak usia dini.

Kegiatan edukasi ini dilakukan di SD Negeri Pasirmalang 04 Desa Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan yang menjadi lokasi kegiatan Kuliah Kerja Nyata. 

Dalam pelaksanaanya kegiatan ini serangkaian dengan kegiatan edukasi tentang pola hidup sehat seperti pentingnya saparan bagi tubuh hingga pemilahan sampah organik dan anorganik.

Kegiatan edukasi ini diawali dengan pematerian tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut agar gigi tetap dalam keadaan sehat sehingga tidak mengganggu aktifitas sehari-hari dan tidak menganggu nafsu makan pada anak kemudian dijelaskan pula cara menyikat gigi yang baik dan benar harus dua kali sehari pada waktu setelah sarapan dan saat waktu sebelum tidur. 

Pematerian ini menggunkanan media Powerpoint dan penayangan video animasi Gerakan atau cara menyikat gigi yang benar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan