Mohon tunggu...
Tiara Luciana Siahaan
Tiara Luciana Siahaan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Parahyangan

Saya memiliki kepribadian yang extrovert dan hobby bermain musik khususnya piano.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi

27 November 2022   18:04 Diperbarui: 27 November 2022   18:06 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saya telah mengikuti geladi hominisasi yang telah diselenggarakan pada tanggal 20 November 2022 yang lalu. Kegiatan geladi dimulai pada pukul 08.00 WIB dan diadakan secara online dengan mengikuti zoom meeting. Sebelum mengikuti rangkaian acara geladi, saya telah mengerjakan tugas pra geladi terlebih dahulu untuk dapat mengikuti kegiatan geladi. 

Tugas yang diberikan adalah mencari tahu hal yang menarik  setelah mendengarkan dan menyimak lagu Kebangsaan Indonesia Raya 3 stanza dan menonton film dokumenter pendek serta menjawab beberapa soal. Saat acara geladi berlangsung, para peserta dibagi kedalam beberapa kelompok untuk mengerjakan tugas dan mendiskusikan topik yang berbeda di setiap kelompok. Saya bersama teman-teman sekelompok saya mendapatkan kesempatan untuk membahas mengenai hari toleransi internasional kemudian hasil diskusi kami dipresentasikan kepada teman-teman kelompok lain beserta para dosen di main room zoom meeting.

Menurut saya, konsep berpikir secara sistematis dan logis perlu diselenggarakan tidak hanya bagi mahasiswa Unpar, tetapi kepada seluruh masyarakat. Saya menyadari  bahwa kemampuan berpikir secara logis tidak mudah dilakukan sehingga harus terus diasah dan dikembangkan agar kedepannya kemampuan tersebut dapat dipakai untuk menyelesaikan berbagai permasalahan dengan tindakan yang sesuai dengan kaidah yang berlaku di lingkungan masyarakat.

Selain itu, saya juga belajar untuk mengasah kemampuan dalam berbahasa. Kemampuan dalam berbahasa sebagai warga negara sangat penting untuk diterapkan sehingga dalam berkomunikasi sebaiknya kita tidak menggunakan bahasa informal maupun bahasa gaul sehari-hari sehingga kemampuan kita dalam berbahasa dapat terus meningkat dan memperluas kosa kata dalam berbicara. Dengan memiliki kemampuan bepikir secara logis dan kemampuan berbahasa yang baik, hal tersebut akan berpengaruh pada kualitas kita dalam berbicara terutama saat hendak mempresentasikan sesuatu.` 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun