Mohon tunggu...
Tiara Afifah
Tiara Afifah Mohon Tunggu... Pelajar SMK

Bismillah...

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pembiasaan Senin Pagi di SMK Negeri 50 Jakarta

9 April 2020   14:07 Diperbarui: 9 April 2020   14:07 2 0 0 Mohon Tunggu...

Senin pagi di smk negeri 50 biasa diawali dengan dilaksanakannya apel pagi pada pukul 06.30 pagi. Apel ini sama halnya dengan upacara hari senin pada umumnya, tapi kami menyebutnya apel pagi. Hal ini selalu dilaksanakan setiap hari senin untuk mengawali tiap minggunya. Seluruh siswa dan guru diwajibkan untuk mengikuti apel pagi ini.

Atribut pelengkap disiapkan, seperti topi. Topi ini hanya diwajibkan bagi murid yang tidak mengenakan kerudung saja. Petugas apel biasanya disusun bergilir dari kelas ke kelas, jadi semua murid di sekolah dapat merasakan susahnya memepersiapkan suatu upacara. 

Guru pembina untuk mengisi amanat di upacara pun digilir tiap tiap gurunya, agar semua guru juga dapat membagikan nasihat-nasihatnya kepada murid.

Petugas pembantu pelancar apel pagi juga ada. Mereka ialah para petugas dari tim Unit Kesehatan Sekolah (UKS). Mereka membantu dengan cara berjaga barisan paling belakang, mengamati tiap tiap murid yang sekiranya kurang sehat fisiknya untuk berdiri selama upacara berlangsung. 

Tim UKS ini juga dibagi bagi, ada yang berjaga dibarisan belakang dan aja yang berjaga didalam UKS. Ada juga dari tim OSIS. Mereka ikut membantu dengan menjaga gerbang depan sekolah mencatat siapa siapa saja yang telat datang untuk mengikuti apel pagi tersebut.

Bagaimana jika turun hujan? Jika terjadi hal hal yang tidak memungkinkan untuk melakukan apel ini, biasanya sekolah saya menggantinya dengan membaca ayat suci Al-Quran di kelas masing masing bagi yang islam. Sedangkan bagi non-islam bisa melakukan ibadah di ruang perpustakaan bersama-sama.

Menurut saya, kegiatan apel ini cukup efektif dalam membangun karakter tiap siswa dan siswi disekolah, mereka diajarkan caranya bekerja sama dalam tim demi memcapai tujuan yang sama, yaitu melancarkan jalannya apel pagi

VIDEO PILIHAN