Mohon tunggu...
Tiara Ayu Paramita
Tiara Ayu Paramita Mohon Tunggu... penulis

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Surabaya

Mencegah Kasus Anak Putus Sekolah Meningkat, PMM UMM 18 Pulosari Mengadakan Kegiatan Belajar

25 Juni 2021   17:40 Diperbarui: 25 Juni 2021   17:43 32 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mencegah Kasus Anak Putus Sekolah Meningkat, PMM UMM 18 Pulosari Mengadakan Kegiatan Belajar
Belajar Bersama Anak-Anak Pulosari gang V

Lokasi Pengabdian Masyarakat Kelompok 18 Gelombang 07, 2021 bertempat di Jalan Pulosari Gang V, RT 01, RW 07, Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang adalah pemukiman yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai pengumpul barang bekas, buruh pabrik, dan buruh serabutan lainnya. Bertempat di pinggir rel kereta arjosari, Kota Malang. Di RT 01, RW 07, Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang terdiri dari 60 Kepala Keluarga. Penduduk yang bermukim dilokasi tersebut sangatlah bervariasi usia, suku, dan agama lantaran banyaknya warga pendatang. 

Dilokasi ini, kerap kali menghadapi permasalahan masyarakat berupa tingginya anak-anak marijinal yang sering membuat resah warga asli RT 01. Serta tingginya angka putus sekolah dan rendahnya kesadaran para orang tua akan pendidikan dan kesehatan keluarga. Hal tersebut dipicu dengan rendahnya status ekonomi keluarga, yang juga berakibat pada pemberian motivasi sekolah kepada anak-anak di pulosari. Belum lagi kondisi tersebut diperparah dengan kurangnya pemahaman para orang tua akan pentingnya pendidikan anak untuk perencanaan jangka panjang keluarga, sehingga orang tua yang walaupun mempunyai kecukupan ekonomi pun terkadang tetap tidak mengutamakan pendidikan anak. Penyebab lainnya ialah rendahnya pemahaman warga terkait perencanaan jangka panjang dalam menjalani kehidupan, terbukti tidak adanya kesadaran warga akan persiapan kesehatan dan pendidikan anak tersebut sehingga berdampak sulitnya mengajak warga berpartisipasi dalam kegiatan RT 01 yang diadakan.

Mengetahui hal tersebut, berdasarkan keterangan RT setempat sebenernya telah ada beberapa pihak swasta yang ingi memberikan beasiswa pendidikan kepada anak-anak yang putus sekolah karena permasalahn ekonomi. Namun sayangnya hal tersebut tidak terlaksana dengan maksimal karena rendahnya motivasi belajar anak yang juga tidak didukung dengan dorongan orang tau agar anaknya melakukan pendidikan secara formal.

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi
Berdasarkan kondisi masyarakat yang demikian, Kelompok PMM UMM PULOSARI melakukan kegiatan Pengabdian dengan menggelar kegiatan belajar bersama setiap akhir pekan selama pelaksanaan kegiatan PMM. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi anak-anak di pulosari menjalankan pendidikanya.

Kegiatan belajar dilakukan dengan kegiatan mewarnai, bernyanyi, psikogames, dan juga memberikan sosialisasi cuci tangan dan pakai masker dengan baik. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x