Mohon tunggu...
Tiara Altamira
Tiara Altamira Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Universitas Aisyiyah Yogyakarta/ Komunikasi

Assalamualaikum Perkenalkan nama saya Tiara Altamira, bisa kalian panggil Tiara. Saya lahir di Bekasi, 23 Agustus 2000. Saat ini saya masih menjadi seorang Mahasiswa di Universitas Aisyiyah Yogyakarta dan mengambil prodi Komunikasi. Harapan saya kedepannya semoga menjadi orang yang sukses dan berguna bagi semua orang.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Cara Menjaga Kesehatan Sesuai dengan Tuntunan Nabi

20 Oktober 2021   08:59 Diperbarui: 20 Oktober 2021   09:02 49 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Hidup sehat telah menjadi bagian dari kewajiban seseorang muslim. Tanpa kesehatan yang terpelihara, manusia hendak susah beraktifitas, melaksanakan ibadah, serta berbuat amalan kebaikan secara maksimal. Pastinya, Allah SWT menginginkan hamba- Nya melindungi kesehatan, memelihara fisik, supaya hidup di dunia ini tetap produktif serta jauh dari berbagai macam penyakit.

Semasa hidupnya, Rasulullah SAW sangat jarang sekali menghadapi sakit sebab dia sanggup menghindari hal- hal yang berpotensi jadi penyakit.

Ada pepatah yang mengatakan " mencegah lebih baik dari penyembuhan," nyatanya dari pepatah  itu sudah Nabi shallallahu' alaihi wasallam tanamkan kepada para shahabatnya. Hingga sudah keseharusan kita untuk  menjaga kesehatan sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam jadi pedoman tiap umat Islam.

Apalagi sebagian metode menjaga kesehatan dengan tuntunan Nabi telah tercantum ke dalam sunnah serta pastinya hendak berpahala bila dicoba. Tidak hanya metode menjaga kesehatan, Islam pula mengarahkan permasalahan cara hidup, mulai dari cara tidur, cara makan, serta sebagainya.

Pasti seluruhnya sekedar cuma buat kebaikan untuk para muslim itu sendiri. Perihal tersebut pula menampilkan kalau Islam merupakan agama rahmatan lil alamin yang muncul bawa maslahat serta khasiat untuk kehidupan umat manusia. Sama kita tahu bahwa akhir- akhir ini warga mulai mencermati kebersihan diri serta lingkungannya akibat pandemi yang menyerang kita tahun ini.

Tetapi, kita butuh melindungi kesehatan diri supaya bebas dari bermacam penyakit akibat pola hidup yang tidak sehat. Nah buat itu gimana cara untuk menjaga kesehatan sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam? Oleh karena itu ini adalah tata cara untuk menjaga kesehatan sesuai dengan ajaran Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam.

1. Tidak Makan Kelewatan Apabila makan dengan kelewatan, dikhawatirkan hendak memunculkan bermacam kerugian, misalnya dengan memakan makanan yang tidak habis sampai mengakibatkan  mual serta muntah sebab kekenyangan. Dari Aisyah RA," Dulu Rasulullah tidak sempat mengenyangkan perutnya dengan 2 tipe santapan. Kala telah kenyang dengan roti, dia tidak hendak makan kurma, serta kala telah kenyang dengan kurma, dia tidak hendak makan roti."

2. Menyudahi Makan Saat sebelum Kenyang Dilihat dari sisi kedokteran, menyudahi makan saat sebelum kenyang bisa menghindari bermacam permasalahan pencernaan yang dapat sangat merugikan badan pastinya.

3. Jauhi makanan yang haram Jangan sekali- kali umat Islam komsumsi memakan makanan yang haram, karena hal tersebut bisa memunculkan bermacam kerugian untuk badan. Oleh karena itu dipaparkan juga pada surat AL - Maidah ayat 3 yang mempunyai makna," Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi,( daging hewan) yang disembelih atas nama tidak hanya Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, serta diterkam fauna buas, kecuali yang pernah kalian menyembelihnya, serta( diharamkan bagimu) yang disembelih buat berhala."

4. Tidur lebih cepat serta bangun lebih dini Rasulullah biasa tidur diawal malam serta bangun pada pertengahan malam kedua. Setelah itu dia bersiwak, kemudian berwudhu serta shalat hingga waktu yang diizinkan Allah. Dia tidak sempat tidur melebihi kebutuhan, tetapi tidak pula menahan diri buat tidur semata- mata yang diperlukan.

5. Teratur olahraga Rasulullah SAW pula sangat giat olahraga. Apalagi, dia senantiasa mengajak istri serta anak- anaknya buat olahraga. Berolahraga yang disunnahkan dalam Islam semacam, memanah, berkuda, serta berenang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan