Mohon tunggu...
Tiara Altamira
Tiara Altamira Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Universitas Aisyiyah Yogyakarta/ Komunikasi

Assalamualaikum Perkenalkan nama saya Tiara Altamira, bisa kalian panggil Tiara. Saya lahir di Bekasi, 23 Agustus 2000. Saat ini saya masih menjadi seorang Mahasiswa di Universitas Aisyiyah Yogyakarta dan mengambil prodi Komunikasi. Harapan saya kedepannya semoga menjadi orang yang sukses dan berguna bagi semua orang.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Penerapan Gaya Hidup Sehat agar Terhindar Covid 19

14 Desember 2020   15:27 Diperbarui: 14 Desember 2020   15:33 49 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Salah satu kebiasaan yang terlihat dan paling gencar dipromosikan adalah kebiasaan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) baik saat di dalam rumah maupun di luar rumah. Dengan kondisi yang sehat dapat memungkinkan manusia untuk melakukan berbagai macam aktivitas sesuai dengan peran dan tanggung jawabnya masing-masing. Misalnya selalu mencuci tangan yang baik dan benar dengan menggunakan sabun serta di air mengalir, selalu memakai masker saat diluar ruangan, selalu menutup mulut dan hidung saat bersin dengan menggunakan tisu ataupun lengan atas bagian dalam, jika dari luar segera mandi dan ganti pakaian, dan selalu menjaga kebersihan lingkungan didalam sekitar rumah

Sebelum adanya pandemic COVID-19 PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) tidak terlalu dikenal oleh masyarakat dan bahkan masyarakat kurang maksimal menerapkannya untuk kebiasaan sehari-hari. Tetapi dengan adanya masa pandemic ini, masayarakat Indonesia menjadi lebih memperhatikan kesehatan dan lebih maksimal menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat pada lingkungan keluarga maupun masyarakat. PHBS yaitu perilaku sehat yang harus selalu dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari dan dapat menjadi pola kebiasaan dikehidupan. Melibatkan seluruh anggota keluarga ataupun orang terdekat dapat menciptakan suasana yang mendukung terbentuknya pola perilaku hidup bersih dan sehat dalam sehari-hari.

Menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat pada masa pandemic COVID-19, yang bertujuan untuk mencegah dan memutuskan mata rantai penularan COVID-19. Situasi yang berubah cepat ini menjadikan banyak penyesuaian dan merasakan kondisi asing yang baru di masayarakat. Hal ini menunjukkan betapa kita dahulu terbiasa dengan perilaku kita yang kurang memperhatikan gaya hidup bersih dan gaya hidup sehat. Seolah-olah dengan adanya pandemi ini masyarakat justru menjadi lebih mawas dengan istilah-istilah kesehatan yang sebelumnya seringkali terabaikan, dianggap remeh, atau justru menjadi momok.

Ketika pandemi berakhir, bukan berarti kita dapat kembali ke pola kehidupan kita yang dulu. Apakah tidak mubadzir menyia-nyiakan kebiasaan bagus yang sudah terlanjur terbentuk selama masa pandemi ini? Oleh karenanya kita perlu menyadari bahwa kita tidak pernah aman dari risiko paparan infeksi virus maupun bakteri selama kita masih sama-sama hidup berdampingan di alam jagad raya yang sama.

Untuk menjaga kehidupan manusia agar tetap lestari, maka tentunya tidak ada salahnya dan memang alangkah baiknya jika kondisi new normal yang sekarang ini berlangsung tetap dijalankan dan dibentuk menjadi kebaisaan. Lebih ekstrem lagi, dari pandemi ini manusia telah diinkubasi untuk menjalani revolusi kehidupan yang serentak dan komprehensif di segala bidang.

Tugas kita selanjutnya adalah menjaga keberlangsungan kondisi normal yang baru ini secara istiqomah. Untuk itu maka semua unsur masyarakat yang kini juga telah melakukan adaptasi hidup bersih dan sehat ini perlu terus mengembakannya dengan berbagai program dan kegiatan yang berkelanjutan. Perlu dikembangkan program untuk menjaga kesetimbangan biotik (makhluk hidup) dan abiotik (kehidupan sosial ekonomi) yang saat ini sudah dirintis bersama, termasuk hubungan dan kepedulian sosial.

Beberapa perilaku gaya hidup sehat yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari -- hari agar terhindarnya virus covid 19, yaitu:

1. Dengan melakukan olahraga setiap hari agar tubuh kita menjadi sehat/ vit.

2. Jangan setres, karena hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

3. Makan makanan yang sehat mengandung 4 sehat 5 sempurna.

4. Melakukan pola istirahat yang cukup.

5. Selalu mencuci tangan.

6. Memakai masker.

7. Melakukan social distancing.

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan