Mohon tunggu...
Tia Nurfitriani
Tia Nurfitriani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Menyukai hal-hal berbau hopeless romance

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa UPI Melakukan Pendampingan Membuat Branding dan Kemasan Rengginang

14 Agustus 2022   20:00 Diperbarui: 14 Agustus 2022   20:05 28 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata ( KKN) Tematik Universitas Pendidikan Indonesia telah diselenggarakan pada tanggal 11 Juli sampai dengan 10 Agustus 2022. Tema KKNT Tahun ini tidak kalah menarik dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu "Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG'S Desa dan UMKM". Salah satu anggota kelompok 186 bernama Tia Nurfitriani memilih  Desa Ekonomi Tumbuh Merata dan Desa Peduli Pendidikan sebagai Tema dari kegiatan KKN nya di Desa Tambakbaya, Garut.Berdasarkan hasil diskusi bersama dengan perangkat Desa Tambakbaya disimpulkan bahwa permasalahan yang masih perlu diperbaiki yaitu seputar perekonomian dan pendidikan yang masih sangat membutuhkan gebrakan baru.

Mahasiswa UPI
Mahasiswa UPI

Salah satu program utama yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan diatas yaitu dengan mengadakan pendampingan kepada salah satu pemilik UMKM di Desa Tambakbaya. Pendampingan diberikan kepada ibu rumah tangga yang kesehariannya memproduksi Rengginang dan menjualnya. Rita Setiawati, sebagai pemilik UMKM mengatakan bahwa beliau sebenarnya mempunyai inovasi baru untuk produknya dan menginginkan rengginangnya dikenal banyak orang.

Mahasiswa UPI
Mahasiswa UPI
Pendampingan dilakukan setiap hari Jumat selama sebulan. Pendampingan membuat Branding dan Kemasan yang menarik dimulai dengan dibuatnya merek rengginang bernama INAYAH kemudian dilanjutkan dengan membuat design merek dibantu masukan dari pemilik UMKM.Pendampingan ini kemudian diselingi dengan pemberian materi kepada pemilik UMKM terkait jenis-jenis kemasan dan pengarahan terkait kemasan mana saja yang cocok untuk produk UMKM miliknya.
Pemilik UMKM juga didampingi terkait bagaimana cara mencetak merek nya dan memberikan sejumlah alamat tempat cetak terdekat untuk melakukan pencetakan merek dikemudian hari.

Mahasiswa UPI
Mahasiswa UPI
Selain itu diberikan juga pendampingan cara memasarkan produk UMKM nya dengan menggunakan Shopee. Hal ini bertujuan agar target pemasaran produk rengginang ini tidak hanya disatu tempat saja.Di era serba digital ini tentunya penjualan menggunakan shopee ini pasti akan sangat membantu memperluas jangakauan pemasaran rengginang INAYAH ini.Dengan adanya pendampingan ini diharapkan agar UMKM di Desa Tambakbaya ini menjadi sebuah usaha yang berkelanjutan dan dapat membuka peluang usaha di Desa Tambakbaya serta tercipta pertumbuhan ekonomi yang merata.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan