Mohon tunggu...
JPIC Kapusin Medan
JPIC Kapusin Medan Mohon Tunggu... Lainnya - Capuchin Brother

Fransiskan Kapusin

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Yuk, Mengolah Eco Enzyme Menjadi Sabun Organik!

12 September 2021   12:36 Diperbarui: 12 September 2021   12:57 350 11 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Yuk, Mengolah Eco Enzyme Menjadi Sabun Organik!
Sabun organik cair berbahan eco enzyme./Dokpri

Sabun sangat diperlukan manusia di dalam kegiatan harian. Mandi, mencuci pakaian, mencuci alat makan, dan membersihkan perabot rumah tangga harus menggunakan sabun. Selain karena buih dan aromanya, sabun mampu membersihkan noda atau kotoran yang menempel di tubuh atau benda yang dibersihkan.

Saat ini, sudah beragam merek sabun tersebar di pasaran mulai dari yang kurang hingga terkenal brand-nya. Walau, terdiri dari merek dan label yang bervariasi, sabun tetap memiliki fungsi yang sama yakni membersihkan dan memberi aroma khas terhadap objek yang dibersihkan.

Nah, kali ini saya hendak berbagi satu merek sabun yang belum cukup terkenal, tetapi sudah banyak orang mencobanya di rumah. Saya harap para pembaca yang budiman menyempatkan diri untuk mencoba di rumah bersama keluarga. Mereknya adalah Sabun Organik berbahan Eco Enzyme.

Aneh, kan? Ya, tentu aneh. Saya sendiri merasakan hal yang sama saat pertama kali diberitahu oleh rekan seperjuangan di bidang lingkungan hidup.

Saya pikir, nama "Eco Enzyme" sudah tidak asing lagi. Sudah makin banyak tulisan, ceramah, kursus, atau konten di kanal youtube yang mengulas asal-usul, cara membuat, dan kegunaan eco enzyme. Sebagai sumber bacaan tambahan, silakan klik di sini.

Sekarang, kita langsung to the point saja: cara membuat dan keunggulan sabun organik berbahan eco enzyme.

Cara membuat

Alat

Alat yang kita butuhkan adalah ember besar atau stoples yang punya tutup, panci stainless, kompor, alat pengaduk berbahan kayu, dan botol sabun atau botol minuman kemasan yang sudah dibersihkan.

Bahan

Bahan yang diperlukan adalah MES (Methyl Ester Sulponate), air, dan cairan eco enzyme.

Proporsi bahan

Dalam satuan kilogram (kg) perbandingan bahan adalah MES:air:cairan eco enzyme = 6:15:4.

Langkah

1. Larutkan 6 kg MES dalam 15 kg air di ember atau stoples. Pastikan bahwa MES sungguh larut di dalam air secara merata. Warna campuran menjadi putih seperti cat air.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan