Mohon tunggu...
Tia Monica Br Tumanggor
Tia Monica Br Tumanggor Mohon Tunggu... Perempuan

Mahasiswa Bimbingan Konseling Universitas Negeri Medan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Komunikasi terhadap Anak Tunagraha di SLB

13 April 2021   14:15 Diperbarui: 13 April 2021   14:25 89 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Komunikasi terhadap Anak Tunagraha di SLB
jdnews.com

Oleh Tia Monica Br Tumanggor

Komunikasi Verbal adalah komunikasi yang menggunakan kata kata, entah lisan maupun tertulis. Komunikasi ini paling banyak digunakan dalam hubungan antarmanusia. Pada komunikasi anak tunagrahita, proses belajar mengajar menggunakan  bahasa verbal dan disertai dengan penggunaan isyarat atau simbol simbol. Bahasa verbal ini sudah digunakan secara umum oleh masyarakat, bahkan anak tunagrahita dapat berkomunikasi menggunakan bahasa verbal dengan orang lain ketika sudah berada ditengah tengah masyarakat.

            Jika terkadang bahasa verbal belum sepenuhnya diterima oleh anak tunagrahita, penyampaian bahasa juga mampu di sampaikan melalui tulisan. Pada anak tunagrahita yang belum mampu membaca proses komunikasi akan dibntu menggunakan alat seperti memberikan gambar/ poster,  dan mainan berwarna lainnya.

            Menurut (Mulyana, 2005) proses komunikasi menggunakan nonverbal yaitu meliputi semua pesan yang disampaikan tanpa kata kata yang dipergunakan. Pesan ini meliputi seluruh aspek seeprti ekspresi wajah, sikap tubuh, nada, suara. Gerakan tangan, cara berpakaian dan lain sebagainya. Komunikasi ini juga tanpa kita sadari akan kita gunakan terhadap anak Tunagrahita sembari menggunakan bahasa verbal atau menggunakan alat bantu bahasa.

Komunikasi sangat penting antar sesama manusia, begitu pula komunikasi terhadap anak berkebutuhan khusus terutama anak tunagrahita. Komunikasi pada anak tunagrahita harus dilakukan dengan perhatian khusus.

VIDEO PILIHAN