Mohon tunggu...
Thurneysen Simanjuntak
Thurneysen Simanjuntak Mohon Tunggu... Guru - Pendidik, pegiat literasi, serta telah meraih lebih dari 70 penghargaan lomba menulis

www.thurneysensimanjuntak.com

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Artikel Utama

Pentingnya Memahami Penelitian Sejarah

17 November 2022   04:49 Diperbarui: 20 November 2022   13:15 375
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi: Dokumentasi Pribadi

Setiap manusia memiliki tiga dimensi waktu. Masa yang akan datang, masa kini, dan masa lalu.

Kalau masa yang akan datang sering kita sebut sebagai "mistery", masa kini sebagai "reality", maka masa lalu adalah "history".

Nah, kalau berbicara tentang keadaan masa kini, tentunya akan jauh lebih mudah kita tahu dan mengerti, dibandingkan dengan masa yang akan datang dan masa lalu.

Sebab, masa kini itu sedang kita jalani, sedang bersama dengan kita, atau sedang kita hadapi.

Berbeda sekali dengan masa yang akan datang, belum terjadi atau belum pernah dihadapi. Oleh karena itu, orang hanya bisa membuat suatu perkiraan atau prediksi.

Sementara masa lalu sudah pernah terjadi, adakalanya lebih jauh dengan kehidupan kita. Atau tidak sezaman dengan kita. Tetapi bukan berarti tidak bisa kita ketahui.

Masa lalu tentu bisa kita diketahui dan dipelajari, sebab masa lalu itu cenderung ada jejaknya. Bisa saja melalui bukti atau fakta sejarah.

Mengingat bahwa melalui peristiwa masa lalu hidup kita bisa lebih bijaksana, karena sejarah tersebut adalah guru yang baik.

Masa lalu juga bisa dijadikan sebagai pedoman untuk mengambil berbagai keputusan pada masa kini dan masa yang akan datang, sehingga tidak terulang kesalahan masa lalu.

Maka tidak rugi kalau kita berusaha untuk merekonstruksi masa lalu tersebut, misalnya dengan belajar sejarah, atau bisa juga dengan melakukan berbagai penelitian sejarah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun