Mohon tunggu...
Thurneysen Simanjuntak
Thurneysen Simanjuntak Mohon Tunggu... Guru - Pendidik, pegiat literasi, serta telah meraih lebih dari 70 penghargaan lomba menulis

www.thurneysensimanjuntak.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

SNBP dan SNBT, Seleksi Masuk PTN 2023

25 September 2022   09:04 Diperbarui: 26 September 2022   11:49 1242 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi (Dokumentasi Pribadi)

Beberapa waktu lalu (7/9/2022), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek)  telah meluncurkan sebuah kebijakan tentang transformasi pelaksanaan seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Kebijakan tersebut tentunya diharapkan untuk menyelaraskan capaian pembelajaran di pendidikan dasar dan menengah dengan skema seleksi masuk PTN.

Selain itu, mendorong proses pembelajaran di jenjang pendidikan dasar dan menengah yang lebih holistik. Menghargai capaian pembelajaran peserta didik secara menyeluruh. Menjaring calon mahasiswa berdasarkan potensi keberhasilan studi lanjut peserta didik.

Serta, memberikan kesempatan yang inklusif, di mana calon mahasiswa bebas memilih program studi sesuai minat dan bakatnya.

Senada dengan yang disampaikan Mas Menteri, Nadiem Anwar Makarim, "Indonesia hanya bisa melompat ke masa depan dengan pendidikan yang adil, inklusif, dan mendorong perkembangan minat dan bakat peserta didik dari jenjang pendidikan dasar sampai tinggi."

Untuk mendukung transformasi pelaksanaan seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tersebut Kemendikbudristek pun telah mengeluarkan sebuah peraturan.

Peraturan yang dimaksud adalah Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri.

Kalau mengacu pada Pasal 20 Permendikbudristek Nomor 48 Tahun 2022 bahwa seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru akan diselenggarakan oleh Kementerian bekerja sama dengan PTN.

Artinya, bahwa ke depannya proses seleksi penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri tidak lagi dilaksanakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Lantas, kira-kira apa nama lembaga baru untuk proses seleksi penerimaan mahasiswa baru PTN?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan