Mohon tunggu...
Thurneysen Simanjuntak
Thurneysen Simanjuntak Mohon Tunggu... Guru - Pendidik, pegiat literasi, serta telah meraih lebih dari 70 penghargaan lomba menulis

www.thurneysensimanjuntak.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Setetes Darah Anda, Nyawa Mereka

18 September 2022   15:46 Diperbarui: 18 September 2022   15:48 132 16 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sudah dua tahun lebih lamanya atau selama pandemi, saya tidak pernah lagi mendonorkan darah. Padahal sebelum pandemi saya tergolong orang yang rutin mendonorkan darah. Atau bisa dibilang rutin per tiga bulan.

Ternyata pengalaman yang sama diungkapkan juga oleh beberapa orang yang sedang mengikuti antrian untuk melakukan donordarah tadi siang.

Syukurlah, hari ini sepulang ibadah ada kesempatan mendonorkan darah kembali. Tepatnya, di lokasi GKI Cikarang. Maka saya pun tidak menyia-nyiakan kesempatan yang baik ini untuk bisa berbagi dengan sesama.

Perlu diketahui, bahwa kegiatan donor darah hari ini merupakan momen awal berlangsungnya kembali donor darah, tentu setelah sekian lama berhenti karena berlangsungnya pandemi. Padahal sebelum pandemi, kegiatan donor darah adalah kegiatan rutin per tiga bulan yang dilakukan oleh GKI Cikarang.

Kegiatan donor darah yang selalu bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Karawang memang sempat terhenti karena bersamaan dengan anjuran ibadah di rumah saja. Sehingga jemaat tidak ada lagi yang datang ke gereja.

Sejak dulu, tidak sedikit jemaat GKI Cikarang yang terpanggil dan bersemangat untuk mengikuti kegiatan mulia ini. Tentu tidak kalah semangatnya dengan donor darah hari ini.

Dokpri
Dokpri

Nah, bagi saya pribadi, setidaknya ada beberapa alasan mengapa saya harus melakukan donor darah, bahkan dilakukan secara rutin?

Pertama. Di luar sana, ada banyak orang yang membutuhkan darah. Bisa saja karena ada orang yang sedang mengalami kecelakaan, ada yang sedang menjalani operasi, dan masih banyak alasan yang lainnya yang mungkin membuat seseorang butuh untuk melakukan transfusi darah.

Bisa kita bayangkan kalau kantong darah di PMI sedang kosong karena tidak ada yang mau mendonorkan darahnya. Bagaimana cara memulihkan mereka yang sedang membutuhkan darah tersebut?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan