Mohon tunggu...
Thurneysen Simanjuntak
Thurneysen Simanjuntak Mohon Tunggu... Senang mengajar dan menulis

Penerima Penghargaan Lomba Karya Jurnalistik Kementerian Perindustrian - Rebranding Tanggulangin (2018); Lomba Essay dalam Rangka Kegiatan Komunikasi Informasi dan Publikasi Anggaran 2019 - Museum Olahraga Nasional - Kemenpora (2019); Blog Competition Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan - Bank Indonesia & Kompasiana (2019). (thurprosmart@gmail.com)

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Membangun Kejutan "Beyond Expectation" Melalui Perpustakaan

6 Maret 2019   23:15 Diperbarui: 7 Maret 2019   07:33 0 3 3 Mohon Tunggu...
Membangun Kejutan "Beyond Expectation" Melalui Perpustakaan
Rionanda sedang membaca Karya Ilmiah di Perpustakaan SDH-LC (dokpri)

"Bagi saya, perpustakaan adalah second home. Tempat yang paling saya senangi dan paling nyaman selama berada di sekolah." 

Demikian pengakuan Rionanda, penerima penghargaan siswa terajin meminjam buku perpustakaan di SMA Dian Harapan Lippo Cikarang, beberapa waktu lalu.

Siswa yang memiliki cita-cita ingin kuliah di Fakultas Ekonomi - Universitas Indonesia ini adalah sosok yang senang belajar dan memiliki minat baca yang tinggi.

Karena itu, selama berada di lingkungan sekolah, Rionanda sering memanfaatkan waktu luangnya di perpustakaan. Baginya, perpustakaan bukan saja sebagai tempat membaca berbagai informasi dan pengetahuan. Tetapi, menjadi tempat yang menginspirasinya dalam menyelesaikan berbagai karya tulis ilmiah maupun artikel populer.

Sebagai catatan, dari beberapa karya tulis ilmiah dan artikel populer yang ditulisnya, ternyata ada yang meraih prestasi, yakni memenangkan lomba karya tulis ilmiah tingkat pelajar.

Rionanda sedang menikmati buku yang diterbitkan Bank Indonesia, yang di dalamnya terdapat salah satu tulisannya. (dok. Rudi Wijaya)
Rionanda sedang menikmati buku yang diterbitkan Bank Indonesia, yang di dalamnya terdapat salah satu tulisannya. (dok. Rudi Wijaya)
Selain itu, perpustakaan sering juga dijadikan Rionanda sebagai tempat mempersiapkan diri ketika ingin menghadapi berbagai Olimpiade Sains. Kebiasaan itu sudah dilakukannya sejak duduk di bangku SMP. Bahkan sekarang, ketika hampir menyelesaikan pendidikannya di bangku SMA, sesekali Rionanda membimbing adik kelas ketika akan menghadapi Olimpiade Sains di perpustakaan sekolah.

Nah, sebagai bagian dari generasi "zaman now", Rionanda tidak akan melewatkan kebiasaan yang satu ini. Menjadikan perpustakaan sebagai tempat favorit karena ketersediaan wifi gratis. Ketersediaan wifi gratis membuatnya senang berselancar di dunia maya untuk mencari berbagai informasi penting dalam mendukung pembelajaran sekaligus sebagai ajang rekreasi di dunia maya.

Pokoknya, pengalaman Rionanda di perpustakaan sangat menyenangkan. Begitu pengakuannya kepada penulis.

Pengalaman Rionanda di perpustakaan, ternyata senada dengan pendapat staf Perpustakaan Senior Dian Harapan Lippo Cikarang, Andriana Rumintang. Setidaknya, ada tiga manfaat perpustakaan bagi pengunjungnya. Sebagai tempat membaca, melakukan riset dan rekreasi (Reading, Research, dan Recreation). Rionanda sendiri, menikmati ketiga manfaat tersebut di perpustakaan. Di sana pula Rionanda membangun imajinasi, bereksplorasi, serta berkreasi.

Jadi, sebenarnya perpustakaan bukan saja sebagai tempat pajangan buku yang sesekali dibaca dan dipinjam oleh pengunjungnya. Ada banyak hal menarik yang dapat dilakukan di dalam ruangan perpustakaan tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4