Mohon tunggu...
Thurneysen Simanjuntak
Thurneysen Simanjuntak Mohon Tunggu... Guru - Nomine Kompasiana Awards 2022 (Kategori Best Teacher), Pendidik, Pegiat Literasi, serta Peraih 70++ Penghargaan Menulis.

www.thurneysensimanjuntak.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Mendukung Asian Games Pintu Masuk Menuju Indonesia Maju

17 Agustus 2018   16:28 Diperbarui: 17 Agustus 2018   16:44 430
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Jangan tanyakan apa yang negara berikan kepadamu, tapi tanyakan apa yang kamu berikan kepada negaramu!"

Masihkah pernyataan John F. Kennedy tersebut relevan dengan kehidupan bernegara saat ini?

Menurut hemat saya, selagi negara masih ada, hal itu mutlak bagi warga negaranya. Siapakah seorang warga negara tanpa negara? Apakah dia punya identitas?

Sesungguhnya pertanyaan yang perlu kita jawab itu adalah apa yang sudah kuberikan kepada negara? Bagaimana saya harus memberi kepada negara?

Memberi kepada negara (baca : berjanji, berbakti, dan mengabdi) sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya, kita bisa berkontribusi melalui profesi atau peran kita dalam masyarakat. Menjalankan kewajiban kita sebagai warga negara.

Tapi kali ini saya ingin menunjukkan cara yang berbeda. Kemarin (16/8), saya menyaksikan pertandingan sepakbola dari negara asing di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi. Tepatnya pertandingan Vietnam kontra Nepal.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Terus terang, awalnya saya berpikir dua kali untuk menerima ajakan seorang teman menyaksikan laga dua negara tersebut. Apa untungnya bagi saya menyaksikan laga itu?

Memang tidak terlalu lama bagi saya memutuskannya. Langsung kemudian berpikir, ketika saya ikut menyaksikan laga negara asing, sesungguhnya saya telah ikut mendukung dan menyukseskan Asian Games 2018.

Apalagi daerah tempat tinggal saya menjadi salah satu "venue" dari Asian Games 2018, tepatnya di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi. Sudah sewajarnya memberikan dukungan yang lebih.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Sebagai tuan rumah Asian Games 2018, kita patut bangga. Tapi bukan sebatas bangga, kita harus turut berkontribusi. Baik itu secara langsung ataupun tidak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun