Mohon tunggu...
Thurneysen Simanjuntak
Thurneysen Simanjuntak Mohon Tunggu... Senang mengajar dan menulis

Penerima Penghargaan Lomba Karya Jurnalistik Kementerian Perindustrian - Rebranding Tanggulangin (2018); Lomba Essay dalam Rangka Kegiatan Komunikasi Informasi dan Publikasi Anggaran 2019 - Museum Olahraga Nasional - Kemenpora (2019); Blog Competition Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan - Bank Indonesia & Kompasiana (2019). (thurprosmart@gmail.com)

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Danau Toba, Kebanggaan Ba(tak)ngsa

19 Agustus 2015   16:28 Diperbarui: 11 Desember 2017   11:07 0 0 0 Mohon Tunggu...
Danau Toba, Kebanggaan Ba(tak)ngsa
Dokpri

(Keliling Nusantara Menikmati Keindahan Indonesia)

 

Danau Toba adalah anugerah Tuhan. Danau tersebut telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat sekitarnya. Disamping bermanfaat bagi sarana perhubungan dan perikanan, danau toba merupakan objek wisata  pilihan banyak orang.

Danau Toba terletak di Sumatera Utara. Danau ini diakui sebagai salah satu danau vulkanik yang terindah di Indonesia. Dengan luas yang mencapai 1.145 kilometer persegi, dengan kedalaman 450 meter. Selain disebut sebagai danau terluas di Asia Tenggara, danau ini termasuk dalam kategori danau terdalam di dunia.

Keindahan dan kemolekannya, ternyata sungguh menarik perhatian banyak orang. Tidak dapat disangkal, kalau ternyata banyak yang jatuh cinta padanya. Bukan hanya penduduk setempat, wisatawan domestik tapi wisatawan mancanegarapun tidak ketinggalan. Bagi yang sudah pernah berkenalan serta menikmati alamnya, dijamin akan tetap setia dan tetap akan mengenangnya. Bahkan dalam waktu singkat atau lama pasti orang tersebut akan kembali padanya.

Saya salah seorang yang jatuh cinta padanya. Walau sudah lama tak bersua, tapi tetap dikenang. Pengalaman bersamanya menjadi pengikat janji, bahwa saya akan datang kembali, ntah besok, lusa, tahun depan atau waktu yang tidak ditentukan. Tapi dikala rindu tak terbendung, saya tetap memandang wajahnya. Walaupun hanya dari sebuah gambar dan cerita orang lain.

Sebagai seorang Batak di perantauan, saya menganggap Danau Toba sebagai suatu kebanggaan dan telah menanamkan berbagai kesan yang dalam. Disamping karena alamnya yang indah, udaranya yang sejuk, anginnya yang sepoi-sepoi, ternyata masih ada hal yang menarik dan unik bagi saya. Di tengah danau tersebut ternyata ada sebuah pulau. Pulau itu, pernah juga saya kunjungi. Pulau itu adalah Pulau Samosir.

Di Pulau Samosir terdapat dua desa yang banyak dikunjungi wisatawan yaitu Tomok dan Tuktuk. Tomok merupakan desa yang memiliki banyak objek wisata menarik seperti Makam Raja Sidabutar, Museum Batak dan pertunjukan tari boneka Sigale-gale yang populer. Berbeda dengan Tomok yang memiliki banyak tempat wisata sejarah, Tuktuk adalah desa di mana terdapat banyak penginapan untuk wisatawan.

Jadi, alam yang indah, budaya yang menarik serta keramahan penduduknya, menjadi daya tarik bagi banyak pengunjung. Itu pula yang membuat saya tertarik dan ingin kembali berkunjung kesana.

Ketika Airpaz.com dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-70, Airpaz.com menyelenggarakan sebuah program lomba menulis tentang keindahan nusantara Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke. Saya tertarik ikut berbagi informasi, cerita pengalaman, baik pengalaman pribadi maupun orang lain tentang keberadaan Danau Toba tersebut. Dengan harapan, melalui program ini, saya bisa mendapat kesempatan juga melakukan perjalan ke Danau Toba kembali.

Seandainya mendapat kesempatan dalam program ini, saya tertarik berangkat dengan penerbangan menggunakan tiket pesawat seperti Garuda Airlines, Batik Air, Lion Air, Air Asia, Citilink, Sriwijaya Air, Tiger Air atau sesuai dengan rute Jakarta-Medan (keberangkatan) atau Medan-Jakarta (kepulangan) yang tertera pada http://www.airpaz.com/id/

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x